Home / Indonesiaku

Minggu, 17 September 2023 15:20- WIB

World Clean Up Day, KALLA Bersama Komunitas WCD Sulsel Hadirkan Program Aksi Bersih

MAKASSAR, Merata.Net – Menyambut World Clean Up Day, KALLA gelar program aksi bersih bersih bersama Kalla Rescue dan WCD (World Clean Day) Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di kanal kandea, mulai dari kanal masjid Almarkaz, pasar terong sampai kanal jalan abubakar lambogo Makassar dengan panjang 1,5 km pada 17 September 2023.

Kolaborasi KALLA bersama WCD Sulsel ini merupakan upaya membangun kepedulian masyarakat akan zero waste melalui portal perubahan kepedulian sampah dengan real action, education, dan advocation.

Portal perubahan yang dibangun ini bertujuan untuk senantiasa mengadakan aksi nyata agar menjadi contoh bagi masyarakat sebagai agen perubahan, selain itu juga berupaya dalam mendidik masyarakat terutama anak-anak untuk meningkatkan perubahan perilaku yang berkelanjutan serta mendorong perubahan yang terarah di dalam ruang lingkup perusahaan dan pemerintah.

Baca Juga  Yayasan Hadji Kalla Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium di Kampus UIM Al-Gazali

Rafiquah Djamil, selaku Corporate Social Responsibility Department Head KALLA mengungkapkan bahwa kolaborasi yang terjalin bersama WCD Sulsel secara umum diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah.

“Kita berharap semoga aksi bersih kanal ini bisa menjaga kebersihan dan fungsionalitas sistem drainase atau kanal yang ada di kota Makassar, serta memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dalam mencegah banjir, mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi resiko kesehatan nantinya,” ungkapnya.

Melalui kegiatan aksi bersih kanal, masyarakat diharapkan bisa semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan perkotaan karena sampah yang terakumulasi di kanal dapat mempengaruhi kualitas air dan menyebabkan pencemaran lingkungan serta penyebaran virus penyakit. Sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan yang akan berdampak langsung pada ekosistem dan kesehatan masyarakat.

Baca Juga  Wujudkan Kamseltibcarlantas, Dirlantas Polda Sulsel Bentuk Satgas Kappang

Selain itu, aksi bersih ini juga tidak hanya sekedar membersihkan area kanal tetapi juga memaksimalkan potensi dari sampah yang dikumpulkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk hal lain.

“Sampah yang berhasil dikumpulkan akan dilanjutkan ke tahap pemilahan dan penimbangan. Sampah anorganik yang bernilai guna akan diserahkan ke bank sampah pusat, sementara sampah yang tidak bernilai guna akan diangkut ke TPA oleh pihak kecamatan,” tambahnya.

Aksi bersih ini juga turut mendapatkan dukungan dari pemerintah kota Makassar melalui dinas lingkungan hidup, TNI, Yotta, Hasamitra, Ego to Eko Permabudi dan Olymplast. Selain itu juga melibatkan komunitas volunteer dari mahasiswa pencinta alam, PMI dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 1200 orang. (*)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Patwal Rektor UNM Bantu Korban Kecelakaan Pesepeda Motor

Indonesiaku

Nawakara Gemilang Gencarkan Literasi Bagi Murid Sekolah Dasar di Area Sekitar Proyek Makassar

Bisnis

Amartha dengan Kemen PPPA Resmikan Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Banyuwangi

Indonesiaku

Usai Wisuda Dua Wisudawan Unsa Makassar Tuntut Jokowi-Maruf Hapuskan PCR

Indonesiaku

Makassar Masuk 10 Besar Kota Paling Intoleran Versi Setara Institute

Indonesiaku

Sepanjang 2021, Kebakaran di Makassar Sebanyak 139 Kasus

Ekonomi

VENTENY Selenggarakan Program Mudik Gratis Bareng Aino Indonesia,
Fasilitasi Ratusan Karyawan Lintasi Jawa

Indonesiaku

Presiden Jokowi: Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 tak Terkait Konsistensi Politik Indonesia Terhadap Palestina