Home / Indonesiaku / Pemerintahan

Selasa, 7 Desember 2021 18:00- WIB

Wali Kota Bersih-bersih Perusda Makassar, Ruangan Kerja Direksi Disegel Satpol PP

Satpol PP menyegel salahsatu kantor direksi Perusda Makassar. Foto/Ist

Satpol PP menyegel salahsatu kantor direksi Perusda Makassar. Foto/Ist

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto akhirnya melakukan bersih-bersih Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kota Makassar.

Seluruh ruangan kerja Direksi dan Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Perusda Makassar hari ini disegel dan dibekukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penindakan penyegelan ruangan kerja para direksi perusda berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota nomor 2136/880.539/tahun 2021 tentang pemberhentian Direksi dan Anggota Dewan Pengawas pada Perseroan terbatas BPR Kota Makassar.

SK Wali Kota  nomor 2137/880.539/tahun 2021 tentang pemberhentian direksi dan anggota dewan pengawas pada Perusda Parkir Raya Kota Makassar

SK Wali Kota nomor 2139/880.539 tahun 2021 tentang pemberhentian Direksi dan Anggota Dewan Pengawas pada PDAM kota Makassar

SK Wali Kota nomor 2140/880.539/tahun 2021 tentang pemberhentian Direksi dan Anggota Dewan Pengawas pada Perusda Terminal Metro Kota makassar.

Danny mengatakan, sesuai dengan visi-misinya sebagai Wali Kota Makassar akan merombak total seluruh Direksi Perusda Makassar.

Danny juga akan membentuk Tim Percepatan Penataan total BUMD untuk melakukan evaluasi terhadap ke lima Perusda dan akan dilakukan lelang jabatan.

Baca Juga  Sambut Natal 2023, PHI Grup Berkunjung di Rumah Belajar Ichtus Tanjung Alang Makassar

Adapun nama-nama tim yang dibentuk yakni Sekda Kota Makassar, M.Ansar, Pakar ahli tata negara, Aminuddin Ilmar, Kabag Keuangan, Nur Kamarul Zaman, Kabag Hukum, A. Hikma Rezkiani Nur dan Beni Iskandar.

“Sayakan membentuk tim sesuai visi misi saya. Perombakan total BUMD, kemudian kedua saya minta mereka mengevaluasi. Setelah mengevaluasi tentunya kita harus merombak total,” terang Danny, Selasa (7/12/2021).

Tim percepatan penataan total BUMD ini akan bertugas untuk membuat aturan-aturan baru di Perusda Kota Makassar.

“Perombakan total sehingga saya akan menunjuk orang-orang yang mempersiapkan aturannya, mempersiapkan timnya, mempersiapkan segala sesuatu. Besok dimulai,” ujar Danny.

“Makanya saya buatkan tim bukan hanya saya sendiri mau memutuskan. lebih banyak tim ahli hukum supaya produktif,” sambung Danny.

Danny mengatakan, saat ini Perusda Kota Makassar mengalami kerusakan total sehingga perlu dilakukan perombakan direksi hingga rencana transformasi Perusda menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) atau Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda).

“Setelah selesai perbaikan ini, baru kita seleksi karena banyak yang rusak berat.
Kalau perseroda itu nanti gabung di holding. tapi khusus apakah nanti bentuknya perumda atau blud nanti kita lihat. Nah inikan seperti PDAM ada usulan tentang perseroda, ada usulan blud kemarin saya diskusi dengan KPK bagaimana kalau blud. Nah inikan semua harus di study yang mana baik, yang mana pas dan itu harus ada aturannya, harus ada perdanya. Jadi harus dibuatkan perdanya semua,” jelas Danny.

Baca Juga  Warganya Disandera Milisi Al Houthi, Wali Kota Danny : Mari Kita Doakan

Sementara itu, Plt Kepala Satpol PP, Iqbal Asnan mengatakan, lima Perusda Kota Makassar hari ini dibekukan, seluruh ruangan kerja para direksi disegel dan sementara tidak ada aktifitas di kantor Perusda.

“ini adalah upaya tindakan yang dilakukan Satpol PP terkait penanganan aset pemerintah kota Makassar karena berdasarkan surat keputusan wali kota direksi dan badan pengawas dari lima perusda perhari ini sudah diberhentikan dan menunjuk lima orang tim transisi untuk menjalankan fungsi terkait operasional lima perusda yang dimiliki,” tegasnya.

Ia mengatakan, terkait pelayanan Prusda Makassar ke masyarakat tetap akan berjalan.

“Pelayaan akan tetap berjalan. Besok lima orang tim yang sudah ditunjuk akan mengeluarkan kebijakan pemerintah kota dalam langkah perbaikan di lima perusda ini,” pungkasnya. (Jan/Rik)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Aston Makassar Serahkan Beasiswa untuk Mahasiswa Poltekpar Makassar

Komunitas

Tersedia 2.500 Paket Sembako, Sofha Marwah Bahtiar Buka Pasar Murah Bersubsidi di Sinjai

Pemerintahan

Pj Gubernur Sulsel Harap Masyarakat Selayar Jaga Kelestarian Alam Takabonerate

Komunitas

Danny Pomanto Lepas Peserta Fun Bike HUT POM AL ke-78

Indonesiaku

Makassar Masuk 10 Besar Kota Paling Intoleran Versi Setara Institute

Pemerintahan

Gelar SMEP di Kecamatan Tamalate Indira Yusuf Ismail Himbau TP PKK Bina UMKM

Pemerintahan

Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Resiko Penggunaan Produk Tanpa Izin BPOM

Pemerintahan

Bersama Petani, Gubernur Andi Sudirman Panen dan Tanam Mandiri Benih Padi di Maros