Home / Pemerintahan

Selasa, 28 Mei 2024 17:24- WIB

Makassar Jadi Lokus Studi Tiru Smart City untuk Kabupaten Banggai

MAKASSAR, Merata.Net – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan konsep Smart City di Kota Makassar pada Selasa (28/05/2024).

Asisten I Pemkot Makassar, Muhammad Yasir menyambut hangat Bupati Banggai berserta rombongan. Ia mengaku tersanjung kepada Pemkab Banggai yang memilih Kota Makassar sebagai lokus studi tiru.

“Selamat datang di ikon Smart City Makassar. War Room ini adalah pusat kendali yang menunjukkan komitmen kami terhadap penerapan teknologi dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar, Ismawaty Nur, turut menambahkan terkait keunggulan War Room.
Ia menjelaskan bahwa War Room atau Operation Room adalah wadah untuk mempercepat fungsi Collect, Communicate, dan Crunch dalam tahapan Smart City yang mulai diterapkan sejak tahun 2015.

Baca Juga  Kompaknya Pj Gubernur, Wali Kota dan Bupati Maros Tinjau Lahan Stadion di Makassar

“War Room adalah pusat kendali yang dikelola UPT War Room Diskominfo Makassar. Di sini, kita menampilkan tayangan real-time dari ribuan kamera pemantau (CCTV) yang tersebar di berbagai titik strategis, termasuk Lorong Wisata,” katanya.

Ismawaty juga menambahkan bahwa War Room tidak hanya memantau keamanan dan ketertiban, tetapi juga menyediakan data kependudukan, pemantauan cuaca dan iklim, serta aplikasi tracking GPS pada semua kendaraan layanan publik milik Pemkot Makassar, seperti mobil Home Care.

Lanjutnya, salah satu fitur unggulan dari War Room adalah kemampuan menampung segala aduan masyarakat melalui Call Centre 112.

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka, mengungkapkan kekagumannya terhadap penerapan Smart City di Makassar, terutama terkait pusat data pelayanan publik real-time yang terintegrasi dengan seluruh website SKPD Pemkot Makassar.

Baca Juga  Australia dan Indonesia Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik

“Pelayanan ini paling penting karena memungkinkan koordinasi dan respon cepat atas situasi kota dari berbagai layanan publik di Makassar,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk studi tiru guna pengembangan Smart City di Kabupaten Banggai.

Untuk itu, Ia berharap melalui studi tiru yang berkesan ini dapat menerapkan hal serupa di Banggai.

Di akhir pertemuan, Asisten I Pemkot Makassar, Muhammad Yasir, memberikan cenderamata berupa kapal pinisi yang merupakan ikon Kota Makassar kepada Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka.

“Semoga kunjungan ini membawa manfaat besar bagi pengembangan smart city di Kabupaten Banggai,” ujar Yasir. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Camat Tamalate Hadiri Undangan LPM, RT dan RW Kelurahan Tanjung Merdeka. Edward : suksesnya suatu program itu dimana dapat dirasakan lansung manfaatnya oleh masyarakat.

Pemerintahan

Diskominfo Makassar Salurkan Bantuan Paket Sembako di Longwis Viborg Denmark

Pemerintahan

Pemprov Sulsel Segera Tangani Rekonstruksi Ruas Ussu-Nuha-Beteleme

Pemerintahan

Andi Muhammad Arsjad Resmi Dilantik Sebagai Pj Sekda Provinsi Sulsel

Pemerintahan

PPDB Tingkat SMA/SMK di Sulsel Diprotes Orang Tua Calon Siswa

Pemerintahan

Apeksi Catatkan 5 Ribu Pengunjung dan Transaksi Rp50 Miliar selama Rakernas di Makassar

Pemerintahan

Hari ini Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

Pemerintahan

Seleksi Akhir Lelang Jabatan Pemkot Makassar, Ini Kriteria Pilihan Danny