Home / Pemerintahan

Rabu, 12 Januari 2022 19:25- WIB

Dua Tahun Terakhir Tingkat Kebocoran Air di PDAM Makassar Meningkat

MAKASSAR, MERATA.NET – Pejabat Direksi Perumda PDAM Makassar, Benny Iskandar mengatakan, tingkat kehilangan dan kebocoran air di PDAM meningkat dalam dua tahun terakhir ini dari 44 persen menjadi 52 persen.

Saat ini PDAM sudah memutuskan pipa sambungan air di dua perumahan yang dianggap menimbulkan kebocoran air yakni perumahan royal spring dan perumahan Nusa Tamalanrea Indah.

“Itu yang di royal spring sudah kita putus yang menyeberang pipa dari Makassar ke Maros dan yang di nusa tamalanrea indah juga karena pipa yang tersambung kita anggap tidak terdaftar sebagai aset PDAM kita putus, itu kan juga mempengaruhi,” ujarnya, Senin, (11/1/2022).

Baca Juga  46 Rumah Terdampak Angin Puting Beliung di Kecamatan Ujung Tanah

Benny mengatakan, kemungkinan besar masih banyak lagi perumahan yang menyambungkan pipa air namun tidak terdaftar di PDAM sehingga menimbulkan kerugian besar di PDAM.

“Sepertinya banyak yang seperti itu pada saat menyambung itu tidak terdaftar dan tidak membayar. Uangnya tidak masuk di pdam tapi setelah tersambung di rumah baru dia mau membayar,” jelasnya.

Hal ini mengakibatkan kerugian di PDAM mencapai Rp700 juta. Olehnya itu, Pejabat Direksi saat ini melakukan mitigasi terkait persoalan kebocotan air. 

Baca Juga  Gubernur Sulsel Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Uwais Al-Qarni Palopo

“Lumayan karena pada saat mengambil meteran itu membayar, tapi pada saat menyambung itu kalau tidak salah dihitung kontruksi nya nyambung di BTP sampai dengan perumahan royal spring yang jaraknya kira-kira 700 meter kerugiannya Rp700an juta,” jelasnya.

“yang dilakukan itu salah satunya memitigasi potensi kebocoran kemudian mengupdate pipa-pipa. Banyak hal yang dilakukan khususnya efisiensi air yang kita lakukan supaya target apa yang dibebankan sama kita insya allah tercapai,” tandasnya. (Jan)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Pastikan Logistik 3.600 Pengungsi Banjir Terpenuhi, Danny Turun Langsung

Pemerintahan

Ribut-ribut Soal Pembiayaan Sulsel Anti Mager, Ini Penjelasan Pemprov Sulsel

Pemerintahan

Diundang Datimpres, Danny Pomanto Bagi Pengalaman Soal Penataan Ruang

Pemerintahan

Percepat Penanganan Anak Tidak Sekolah di Makassar, Sekda Launching Aplikasi Sikolaki

Pemerintahan

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi Kunjungi Kawasan Pemukiman di Bantaran Sungai Tallo

Pemerintahan

Mensos Risma Apresiasi Penanganan Bencana Banjir dan Longsor di Sulsel

Pemerintahan

Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Pembangunan Smart Kanrerong Rp5 Miliar

Pemerintahan

Antusiasme Masyarakat Belanja di Pasar Murah Sembako oleh Pemprov Sulsel