Home / Pemerintahan

Kamis, 14 Maret 2024 20:16- WIB

Danny Pomanto Rancang Jalur Transportasi Metro Kapsul di Makassar

MAKASSAR, Merata.Net – Wali Kota Makassar, Danny Pomanto merancang khusus jalur transportasi Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul. Moda transportasi ramah lingkungan yang mendukung Makassar sebagai Low Carbon.

Metro Kapsul yang merupakan transportasi publik berbasis litrik ini akan bergerak ke beberapa rute.

Wali Kota Makassar yang bernama lengkap Moh Ramdhan Pomanto itu menjelaskan bahwa rute dimulai dari kawasan Stadion Barombong Kecamatan Tamalate menuju Benteng Somba Opu.

Kemudian dari Benteng Somba Opu keluar menuju Japparate (jembatan melayang yang akan dibangun di Pantai Losari) hingga ke pelabuhan.

Di titik tersebut, Metro Kapsul akan menjadi feeder kereta api (KA) trans Sulawesi. Lalu dari arah pelabuhan menuju ke sarana olahraga di Untia yang akan dibangun Pemkot, yaitu Makassar Cor City Arena (Macca).

Baca Juga  20 TPS di Gowa Jadi Atensi, Surat Suara Rusak Akan Dimusnahkan

Lalu dari Sudiang, rute Metro Kapsul bisa melewati Bumi Tamalanrea Permai atau BTP, kawasan pergudangan Parangloe, Kampus Unhas, Bugis Water Park, hingga Balang Tonjong Antang. Rute juga tembus ke Jl Hertasning menuju Rappocini dan bertemu kembali di kawasan Japparate Pantai Losari.

“Intinya adalah semua ruang-ruang yang belum hidup, misalnya, Benteng Somba Opu, kemudian Stadion Barombong, calon stadion utama kita (Sudiang) itu dihubungkan semua Metro Kapsul,” kata Danny Pomanto saat ditemui di ruang kerjanya, Balai Kota Makassar Jl Ahmad Yani, Rabu (13/3/2024).

Danny Pomanto menyampaikan bahwa dengan Metro Kapsul masyarakat maupun wisatawan bisa keliling Makassar. Rencana tersebut kata Danny merupakan program jangka panjang daerah.

Baca Juga  Hari Perempuan Internasional, Wawali Fatma Serukan tidak Ada Lagi Diskriminasi Perempuan

Pihaknya akan mengundang penyedia Metro Kapsul sekaligus menawarkan investasi transportasi tersebut setelah  revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) selesai.

Untuk itu, Danny Pomanto mengarahkan Dinas Penataan Ruang untuk melakukan asistensi RTRW ke pemerintah pusat. Perubahan ini kata Danny Pomanto sejatinya untuk permudah konektivitas antar wilayah.

Selain itu, untuk mendukung kereta api trans Sulawesi dengan model elevated. Sehingga Metro Kapsul akan menjadi feeder KA.

“Jadi teman-teman tata ruang sudah menghadap ke pemerintah pusat untuk mengasistensi ini. Dan saya akan mempresentasikan ke kementerian soal ini nanti,” ujar Danny Pomanto. (*)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Pembangunan Sirkuit Balap dan GOR di Untia Ditender Februari 2022

Pemerintahan

Plt Gubernur Sulsel Segera bangun Jembatan Baru Pegganti Jembatan Poringan Luwu yang Ambruk

Pemerintahan

Gesit-19 Layanan Cepat Perizinan Nelayan Sulsel

Indonesiaku

Dilelang Desember, Pembangunan PLTSa Makassar Masuki Tahap Finalisasi Dokumen Tender

Pemerintahan

Wah!! Hari Pertama, 3.507 Peserta Ikuti Seleksi Tenaga Kontrak Laskar Pelangi

Pemerintahan

Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan BLT BBM di Pangkep

Pemerintahan

Peluk Erat Wali Kota Danny di Upacara Pelepasan Gubernur Sulsel

Indonesiaku

Kominfo Buka Akses Lima PSE Termasuk PayPal dan Dota