Home / Pemerintahan

Minggu, 16 Juni 2024 15:45- WIB

Wali Kota Danny Dampingi Pj Gubernur Prof Zudan Tinjau Harga Bahan Pokok H-1 Lebaran Iduladha 1445 H

MAKASSAR, Merata.Net – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung harga bahan pokok di dua pasar tradisional H-1 jelang Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6/2024).

Usai turun meninjau harga bahan pokok di Pasar Terong dan Pasar Pa’baeng-baeng, Pj Gubernur Prof Zudan mengatakan harga kebutuhan pokok di dua pasar tersebut relatif terkendali.

“Saya informasikan kepada masyarakat bahwa ketersediaan bahan pangan pokok beras, telur, daging, cabai, bawang merah, daging sapi, saya pantau di pasar ketersediaan cukup. Stoknya tersedia dan harganya relatif stabil,” ungkap Pj Gubernur Prof Zudan saat di wawancara usai meninjau di Pasar Pa’baeng-baeng.

Pj Gubernur Prof Zudan juga mengapresiasi Pemkot Makassar dalam hal ini Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto karena efektif menjaga stabilitas harga bahan pokok jelang Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

Baca Juga  Wali Kota Makassar Rebus Bahan Pangan, Ajak Warga Sukseskan Peluncuran Festival Rebus Makassar

“Terima kasih pak wali karena efektif turun ke pasar-pasar memantau harga pangan,” kata Pj Gubernur Prof Zudan kepada Danny Pomanto di Pasar Pa’baeng-baeng.

Sementara, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa pemerintah kota intens melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di pasar tradisional.

“Pertama kita monitoring harga pagi dan sore secara real time. Kedua kita juga punya tiga mekanisme intervensi harga di pasar,” tutur Danny Pomanto.

Upaya-upaya intervensi pemerintah kota dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar guna menekan laju inflasi dilakukan melalui tiga tahapan.

Baca Juga  Musibah Kebakaran di New TSM, Gubernur Sulsel Siagakan Tim Evakuasi dan Rumah Sakit

Yakni pertama setiap Selasa dan Kamis dilakuan penjualan bahan pangan pokok secara langsung dari distributor/BULOG melalui program Mini Distribution Center (MDC) Tokomoditi dengan menggunakan mobil pengendali inflasi.

“Kedua kita juga melakukan intervensi melalui kontainer di kelurahan khusus komoditi yang naik dari hasil monitoring itu,” bebernya.

Intervensi yang ketiga yakni melakukan operasi pasar atau pasar murah di kawasan pemukiman pada saat fluktuasi harga dan gangguan stok distribusi.

“Jadi kita lakukan intervensi tiga lapis untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok,” ucap Danny Pomanto.

Dalam peninjauannya, Danny Pomanto turut didampingi Kepala Dinas Perdagangan Arlin Ariesta, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alamsyah Sahabuddin dan Direksi PD Pasar Makassar Raya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wawali Fatma Kunjungi Langsung Penderita Gizi Buruk di Manggala

Komunitas

Kenalkan Situs Sejarah Lewat Gowes Wisata Budaya, Danny:Mari Gaungkan Pariwisata

Ekonomi

Peningkatan Kapasitas, TP PKK Kota Makassar Gelar Bimtek dan TOT

Pemerintahan

Pemprov Sulsel dan Bulog Prioritaskan Ketahanan Pangan, Penyaluran CBP 100 Persen

Pemerintahan

Menteri Kominfo Budi Aria Hingga Wali Kota Danny Kompak Suarakan Pemilu Damai

Indonesiaku

Atraksi Pesawat Sukhoi Siap Dihadirkan di F8 Makassar

Pemerintahan

Dinas Ketahanan Pangan Bakal Anggarkan Mobil Laboratorium Makanan, Tambah PAD Makassar

Komunitas

Antisipasi Covid-19 Subvarian Baru, Kejagung Gelar Swab Antigen