Home / Hiburan / Olahraga

Jumat, 14 Juli 2023 06:50- WIB

Nipah Park Suguhkan PON 2023, Pilihan Berakhir Pekan di Makassar

Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto saat jumpa media di timur resto, Nipah Park, Makassar. FOTO/ERICK DIDU

Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto saat jumpa media di timur resto, Nipah Park, Makassar. FOTO/ERICK DIDU

Makassar, Merata.Net – Setelah sukses digelar pada tahun 2022 lalu, NIPAH PARK bersiap menghadirkan kembali Pekan Olahraga NIPAH (PON) 2023.

Berkolaborasi bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar dan Pemerintah Kota Makassar, ajang ini berlangsung selama tiga hari, 14-16 Juli 2023 di seluruh area NIPAH PARK.

Program tahunan NIPAH PARK ini akan mempertandingkan 20 cabang olahraga dengan total 1.358 atlet berpartisipasi di kategori usia antara 3 hingga 45 tahun.

Kejuaraan PON 2023 ini bertujuan untuk menciptakan platform bagi komunitas, calon atlet, dan pegiat olahraga untuk bersama menumbuhkan semangat kompetisi yang sehat.

Sales & Marketing General Manager KALLA Land & Property, Rasmila Sari Suaib mengungkapkan PON merupakan bukti komitmen manajemen untuk menjadikan NIPAH PARK sebagai ruang terbuka hijau yang menjadi milik semua orang untuk melakukan berbagai aktivitas produktif dan kreatif secara inklusif.

“Program tahunan ini adalah inisiasi dan apresiasi dari kami, NIPAH PARK, kepada seluruh komunitas olahraga yang telah menjadikan gedung ini sebagai ruang latihan reguler mereka selama lima tahun terakhir. Satu-satunya mal di kawasan Indonesia Timur dengan beraneka ragam komunitas dan klub olahraga yang beraktifitas serta membina generasi dan atlet muda di wilayah Makassar,” ungkapnya.

Rasmila juga menambahkan, komitmen itu semakin berwujud nyata seiring dengan antusiasme dan peran aktif seluruh pihak dan kolaborator yang turut mensukseskan PON, termasuk pelaku industri kreatif Makassar.

“NIPAH PARK membuka ruang bagi pelaku industri kreatif selama PON berlangsung antara lain berkolaborasi bersama Tentang Kuliner sebagai penyedia area kuliner. Tak hanya itu, official merchandise berkolaborasi bersama Kallafriends dan pelaku industri kreatif Makassar di bidang fesyen, Watts Store, dan melibatkan dua desain grafis asal Makassar, Mgv Univers dan Gimoriin,” tambah Mila, sapaan akrabnya.

Tak sampai di situ, NIPAH PARK pun melebarkan kolaborasinya bersama industri kreatif nasional, Vindes Corp, yang dikenal dengan berbagai program kreatifnya.

Baca Juga  KALLA Land & Property Siapkan Berbagai Program Inovatif dan Kolaborasidi Kuartal Kedua 2024

Salah satunya adalah Vindes Sport yang melahirkan beberapa program sportainment berkualitas dan sukses menyedot antusiasme penonton serta menjadi perbincangan hangat di jagat media sosial.

Kolaborasi epik ini menghadirkan General Manager Vindes Corp, Awan Prasetyo, yang akan berbagi kisah di balik suksesnya program sportainment mereka melalui talk show bincang kreatif yang akan digelar di Main Stage, Rooftop Garden, Minggu (16/7/2023) mendatang.

Selain itu, di hari kedua (15/7/2023), PON menghadirkan bincang edukasi dengan tema “Sport Parenting: Pendampingan Psikologis Atlet Junior” bersama Psikolog Klinis, Nur Hafidzah Tanawali, M.Psi., Psikolog. Akan ada juga bincang hobi dan coaching clinic E-Sport bersama komunitas LKC E-Sport. Seluruh pengunjung juga akan dihibur dengan sajian musik oleh beberapa talent lokal antara lain Tunes By Eazy Cozyy, One Soul Band, dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KONI Kota Makassar, Ahmad Susanto mengapresiasi kegiatan PON yang digelar oleh NIPAH PARK. Ahmad mengatakan NIPAH PARK hadir dengan konsep dan visi yang sama dengan KONI.

“Ini adalah bagaimana olahraga di Kota Makassar ini hadir sebagai mitigasi sosial. Mitigasi sosial ini mencakup banyak hal tentang olahraga di situ, bicara tentang sport entertain, sport pariwisata, dan bicara tentang olahraga sebagai gaya hidup. NIPAH PARK dan Pekan Olahraga NIPAH hadir untuk itu, hadir dengan misi dan mindset yang sama dengan KONI,” ungkap Ahmad.

Ahmad juga menambahkan, salah satu program KONI yang sejalan dengan PON yaitu Makassar Sport Show. 

“Jadi olahraga itu di-show-kan, ditampilkan, agar menarik minat masyarakat untuk mau menjadi pelaku, pegiat, dan praktisi olahraga. Bukan hanya untuk jadi atlet, tapi juga untuk menjadi gaya hidup. Motivasi itu bisa muncul kalau ada entertain dan industrinya di dalamnya, dan inilah yang dilakukan oleh NIPAH PARK selama ini. Sangat sejalan dengan visi misi program kami, maka ketika teman-teman NIPAH datang untuk berdiskusi dan dialog dengan KONI Makassar, saya tidak perlu menunggu waktu lama dan berpikir panjang untuk mengatakan setuju dan siap berkolaborasi dengan NIPAH PARK di program Pekan Olahraga NIPAH,” tambahnya.

Baca Juga  Kalah 4-1 dari Watford, Manchester United Pecat OLE

Dengan bergandengan tangan dengan para pelaku industri kreativitas dan inovasi, PON bertujuan untuk mengangkat statusnya lebih dari sekedar ajang olahraga tetapi juga ruang hubung yang melahirkan proses kreatif.

Yang membedakan Pekan Olahraga NIPAH dari acara olahraga lainnya adalah lokasinya yang unik di dalam pusat perbelanjaan yang ramai. Sementara sebagian besar kompetisi berlangsung di stadion khusus atau tempat luar ruangan, NIPAH PARK menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda dengan mengintegrasikan fasilitas mal secara mulus ke dalam skena dan ekosistem olahraga. 

Dengan menggelar program olahraga satu-satunya di dalam gedungnya lagi tahun ini, NIPAH PARK menegaskan kembali posisinya tidak hanya sebagai penyedia properti komersial yang luar biasa tetapi juga sebagai pendukung gaya hidup sehat dan aktif. Visi dibalik desain NIPAH PARK, berpusat pada konsep bangunan hijau yang telah mendapat pengakuan dari Green Building Council Indonesia.

Manajemen percaya bahwa mendorong keterlibatan masyarakat dan mendukung acara olahraga seperti ini selaras dengan nilai-nilai NIPAH PARK.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain Basket, Anggar, Panahan,E-Sport (PUBG Mobile), Catur, Renang, Taekwondo, Inline Skate, Breakdance, Mini Spot Finding, Vertical Run, Yoga, Radio Control, Gymnastic, Karate, Tenis Meja, Sepeda, Push Bike, Bulutangkis, dan Tenis Lapangan. Menariknya, NIPAH PARK menggandeng Bukit Baruga sebagai official venue khusus cabang olahraga Renang dan Tenis Lapangan. 

Pekan Olahraga NIPAH 2023 menyajikan pengalaman tak tertandingi bagi para atlet dan pengunjung.

Share :

Baca Juga

Olahraga

Erick Tohir: Kita Punya Komitmen, Timnas Fokus Piala Asia U23

Internasional

Marteen Paes Kian Dekat Jadi WNI, Berikut Profil Kiper Dallas FC Tersebut

Hiburan

Semarak Warna-warni Budaya, Tarian dan Busana Nusantara Ditampilkan di Hari Kebudayaan Makassar

Internasional

Cristian Eriksen Resmi Bergabung ke MU

Hiburan

Archipelago Barista Latter Art Competition Berlangsung Seru di Aston Makassar Hotel

Hiburan

Bela Palestina, Band Indie Reality Club Tolak Tampil di Festival SXSW Amerika

Hiburan

Bening’s Clinic Makassar, Kecanggihan Alat Kualitas Internasional, Harga Terjangkau

Olahraga

Persibone Kampiun Liga 3 Zona Sulsel Setelah Hentikan Perlawanan Perslutim 2-1