Home / Indonesiaku

Selasa, 15 Februari 2022 07:44- WIB

Inilah Sederet Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Buah Salak atau Snake Fruit. Foto/Klikdokter

Buah Salak atau Snake Fruit. Foto/Klikdokter

MERATA.NET -Setiap buah-buahan pasti memiliki manfaat yang berbeda-beda. Begitupun dengan buah yang sering dianggap remeh, seperti salak. Lalu, sebenarnya apa manfaat buah salak?

Salak atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai snake fruit, karena kulit salak bersisik seperti ular. Buah ini dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia.

Jenis-jenis salak pun bermacam seperti salak condet, salak bali, salak pondoh, dan salak sidempuan. Buah yang dominan dengan rasa manis, asam, serta ada sensasi sepat ini ternyata mengandung banyak khasiat.

Ada tiga spesies yang dibudidayakan oleh petani: Salacca sumatrana di Padangsidempuan, Salacca zalacca di Jawa, Bali, Madura, Sulawesi, serta Ambon, dan Salacca wallichiana di Thailand.

Dalam situs, Healthy Benefits Times selain rasanya yang manis dan sedikit asam, salak merupakan sumber nutrisi, vitamin dan mineral yang baik.

Memakan 100 gram salak menawarkan 3.9 mg zat besi, 0.2 mg vitamin B2, 8.4 mg vitamin C, 12.1 g karbohidrat, 38 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0.8 g protein, 0.4 g lemak total dan 0.3 g dari total serat pangan.

Berikut beberapa Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah salak yang pertama adalah mampu menjadi imun booster atau meningkatkan daya tahan tubuh. Zat beta karoten yang terkandung pada buah tersebut mampu berperan sebagai antioksidan yang kegunaannya adalah menangkal radikal bebas, bahkan dapat mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, dan juga kanker. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada buah salak mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Baca Juga  FOTO: Gerhana Matahari Hibrida Diabadikan dari Kabupaten Pinrang

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah salak dipercaya oleh masyarakat sebagai penyebab konstipasi atau sembelit, namun sebetulnya hal tersebut hanyalah mitos belaka. Justru salah satu manfaat dari buah salak adalah mampu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan karena serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten yang terkandung di dalamnya.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang

Antioksidan dan serat yang terdapat pada salak juga dapat membantu Anda untuk tetap mendapat berat badan yang seimbang juga ideal. Buah ini akan membuat perut kita kenyang lebih lama, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, yang menjadi nilai plus lainnya adalah, buah ini mengandung karbohidrat yang menjadi sumber tenaga meski sedang diet. Tetapi, bukan berarti Anda disarankan untuk hanya memakan buah ini saja ya, mengkonsumsi sesuatu dengan jumlah yang berlebihan juga kurang baik. Maka, jadikanlah buah salak ini asupan yang dikonsumsi secukupnya.

4. Mencerahkan Kulit

Manfaat buah salak selanjutnya adalah mampu menjadikan kulit kita lebih glowing. Seperti terdapat penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakognosi dan Fitokimia Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dan diterbitkan dalam Pharmacognosy Journal tahun 2017, pada ekstrak salak Bongkok yang banyak tumbuh dan dibudidayakan di Kabupaten Sumedang, berpotensi sebagai pencerah kulit alami.

Baca Juga  Kepincut Jajaki Proyek PLTSa, Pemkot Makassar Digoda 106 Investor

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah salak berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung kita. Pasalnya, kandungan kalium, antioksidan dan mineral yang ada di dalamnya dapat mengatur kesehatan jantung juga pembuluh darah. Salah satu kegunaan dari kalium ini adalah mampu mengirimkan impuls saraf yang kemudian mempengaruhi detak jantung. Sehingga, asupan ini penting bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti hipertensi, masalah pada detak jantung ataupun gagal jantung.

6. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kalsium, mineral dan zat besi yang ada pada salak juga berperan sebagai penjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta memperkuat otot dan sendi. Kalsium juga berfungsi untuk mengatur kekentalan darah dan meningkatkan fungsi saraf kita.
Ternyata, banyak sekali ya manfaat yang bisa kita rasakan dalam buah yang satu ini. Salah satu manfaat salak adalah untuk diet, bagi Anda yang ingin menjalankan diet sehat dengan konsumsi salak bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu, diet yang dijalankan bisa sesuai dengan kemampuan dan kesehatan tubuh. (*)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Binda Bersama Forkopimda Sulsel, Pemkab Gowa dan PSMTI Helat Vaksinasi Massal

Indonesiaku

Irjen Ferdy Sambo Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J

Indonesiaku

Kakak Beradik Meninggal Dunia Akibat Kebakaran di Toraja, Plt Gubernur Sulsel Sampaikan Duka dan Berikan Santunan

Indonesiaku

Aplikasi Telkomsel, Kuncie dan Fita Raih Google Play Awards 2021

Indonesiaku

Macet Akibat Demo, Ini yang Dilakukan Petarung Kita Gowa

Indonesiaku

Tim Sar Gabungan Temukan Korban Terseret Arus di Bendungan Lappa Angin Parepare

Indonesiaku

Danny Pomanto: Karnaval Budaya Jappa Jokka Cap Go Meh Jadi Perekat Sosial Pasca-Pemilu

Indonesiaku

Kadis Perumahan Makassar: Tagihan Listrik Rusunawa Menunggak Harus Bayar di Kantor