Home / Indonesiaku / Pemerintahan

Rabu, 6 April 2022 09:41- WIB

Hingga Hari Ketiga Operasi Balap Liar, 145 Unit Sepeda Motor Diamankan Ditlantas Polda Sulsel

Makassar, Merata.Net – Pelaksanaan antisipasi balap liar yang digalakkan serempak di seluruh polres jajaran Polda Sulsel, khususnya satuan lalulintas (satlantas), terus menambah data penyitaan atau diamankannya bukti hasil kejahatan jalanan balap liar.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal menjelaskan, kegiatan antisipasi terhadap balap liar, khususnya selama pelaksanaan Ibadah Puasa di seluruh polres jajaran Polda Sulsel, ditingkatkan.

“Operasi antisipasi balap liar ini bertujuan untuk memberi rasa aman pada masyarakat, khususnya warga yang tengah menjalankan ibadah puasa. Karena itu kepolisian jajaran Polda Sulsel, akan bertindak keras terhadap aksi jalanan yang membahayakan tersebut,” tegas Kombes Pol Faizal, Rabu (6/4/2022).

Dari data Ditlantas Polda Sulsel yang dirangkum Binopsnal Ditlantas Polda Sulsel, tercatat di hari ke-3 Pelaksanaan Puasa, 6 Polres Jajaran Polda Sulsel Amankan 145 unit Sepeda Motor Balap Liar untuk Tanggal 5 Pukul 6.00 WITA hingga 6 April 2022, Pukul 6.00 WITA.

Baca Juga  Web Series THE STAR Hadir di Youtube Channel KALLA, Perkenalkan Budaya dan Nilai Perusahaan

Berikut rincian data penyitaan atau diamankannya 145 barang bukti (BB) balap liar tersebut di 6 Satlantas polres jajaran Polda Sulsel;

  1. Polres Selayar amankan sepeda motor di dua lokasi sebanyak 10 Unit dan melakukan proses tilang serta BB digudangkan si Satlantas Polres Selayar menunggu sidang.
  2. Polres Jeneponto menyita dan mengamankan 27 Unit Sepeda motor balap liar dilakukan tindakan tilang dan mengamankan BB di gudang Satlantas Polres Jeneponto.
  3. Polres Luwu Timur menyita atau mengamankan
    24 Unit Sepeda motor hasil balap liar. Tindakan yang diambil melakukan Tilang dan mengamankan BB di gudang Satlantas Polres Luwu Timur.
  4. Polres Gowa menyita atau mengamankan 16 Unit Sepeda motor hasil balap liar di dua lokasi dengan melakukan tindakan Tilang dan mengamankan BB di gudang Satlantas Polres Gowa.
  5. Polrestabes Makassar menyita atau mengamankan 67 unit sepeda motor. Tindakan yg diambil yakni menindak dengan tilang dan mengamankan BB di gudang Sat Lantas.
Baca Juga  Wali Kota Danny Pomanto Serukan Ajakan Ke Makassar, Berita Level IV Hoax

Namun, penangkapan dan penyitaan BB yang dilakukan Polrestabes Makassar dengan 3 modus kendaraan yakni Pengemudi dibawah umur dengan menggunakan kendaraan modifikasi / protolan untuk kecepatan tinggi ( tune up engine ), kendaraan yg sengaja melepas TNKB supaya tidak teridentifikasi, kendaraan knalpot bising / bronk yang mengganggu suara di malam / subuh hari, pengendara dibawah umur secara ugal ugalan / membahayakan dirinya dan pengguna jalan lain.

  1. Polres Bantaeng melakukan penyitaan atau mengamankan 1 unit sepeda motor di Kampung Sampara, Desa Ulugalung, Kecamatan Eremerasa. Satlantas Polres Bantaeng menindak dengan tilang dan mengamankan BB di gudang Satlantas Polres Bantaeng

Sebelumnya diketahui, pelaksanaan operasi balap liar ditambah Hari ke pertama dan ke dua pelaksanaan Puasa, Tanggal 3 hingga 4 April 2022, sebanyak 130 Unit Sepeda motor digudangkan 7 Satlantas Polres Jajaran Polda Sulsel. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

PKK Sulsel Pamerkan Produk Olahan Pisang, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Pemerintahan

Jamin Masyarakat Aman dan Sehat, Ini Pesan Gubernur Sulsel Untuk Para Lintas Sektoral

Pemerintahan

Ketua TP PKK Makassar Ingatkan Peran Penting Keluarga Cegah Trafficking

Pemerintahan

Lantik Kadis Dukcapil Makassar, Wali Kota Danny Minta Perbaikan Sistem

Indonesiaku

Anggota Satlantas Polrestabes Makassar ini Pertemukan Bocah 4 Tahun dengan Orang Tuanya Setelah Dicari Selama Dua Hari

Pemerintahan

KPU Imbau Parpol Segera Daftarkan Diri Jadi Peserta Pemilu

Pemerintahan

Laskar Pelangi Wajib Bawa Warga Belum Divaksin, Tak Ikuti Perintah Siap-siap Tak Diberikan SK Tenaga Kontrak

Olahraga

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Atlet yang Berlaga di SEA Games 2023 di Kamboja