Home / Pemerintahan

Rabu, 12 Juni 2024 12:21- WIB

Sebut Makassar Junjung Tinggi Budaya, PJ Sekda Undang Para Raja Hadiri F8 Makassar

GOWA, Merata.Net — PJ Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra ikut hadir dalam peringatan Haul ke 354 Mallombassi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangka’na atau di kenal dengan pahlawan nasional Sultan Hasanuddin.

Haul ini diperingati langsung di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin, dengan berbagai rangkaian acara salah satunya upacara adat hingga appadongko bunga atau menabur bunga ke makam Sultan Hasanuddin, Rabu (12/06/2024).

Pada kesempatan ini, Firman Pagarra mendapat kehormatan untuk memberikan sambutan dihadapan seluruh raja-raja dari berbagai daerah serta keturunannya.

Dalam sambutannya, Firman mengajak kepada seluruh hadirin untuk menjadikan haul ini sebagai washilah untuk memperkuat silatuhrahmi dan menjadi momentum pelestarian nilai budaya.

Dia menyembutkan peringatan haul ini mengandung banyak nilai-nilai sejarah yang kuat untuk mengingat kembali perjuangan sosok ayam jantan dari timur yang disegani dunia.

Baca Juga  Persiapan Penilaian Adipura 2023, Pj Sekda Makassar Imbau OPD Terkait Fokus Pembenahan

“Saat ini mari kita mengambil hikmah dengan mengenang jasa dan hasil perjuangan sultan hasanuddin yang selama ini menjadi lengenda suri tauladan perjuangan selama pengabdiannya kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia pun berpesan kepada generasi penerus untuk mengambil setiap kepemimpinan dan perjuangan Sultan Hasanuddin sebagai contoh dan mengamalkannya lewat perilaku di kehidupan kedepannya.

Pada kesempatan ini pula, Firman Pagarra mengundang langsung para Raja dan hadirin untuk hadir pada F8 Makassar yang akan digelar pada bulan juli 2024 mendatang.

“Makassar sangat menjunjung tinggi budaya. Karenanya saya dengan hormat mengundang langsung para hadirin di sini untuk menghadiri F8 Makassar di Bulan juli tahun ini. Festival tingkat international tersebut menampilkan banyak hal salah satunya keindahan budaya beserta nilai-nilainya,” ungkap Firman.

Sementara, Kepangerangan Merdiko Praja, Mangkualam II (Raja Mangku Alam Yogjakarta) Daerah Istimewa Yogyakarta) yang juga hadir dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih secara langsung kepada Pemerintah Kota Makassar atas partisipasi penuhnya untuk kesuksesan acara haul ke 354 Sultan Hasanuddin.

Baca Juga  Tertibkan Anjal, Mobil Patroli Dinsos Makassar Diserang, Armin Paera : Pelaku Sudah Diamankan Polsek Biringkanayya

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemkot Makassar. Baru pertama kali saya lihat ada Pemerintah Kota yang membantu suksesnya acara haul seperti ini,” tuturnya.

Ia pun berharap silatuhrahmi ini dapat lebih memperkuat persaudaraan dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan untuk melanjutkan perjuangan.

Haul ke 354 Sultan Hasanuddin ini juga turut dihadiri oleh Ketua Agung MKT Sulsel, H. Andi Pamadengrukka Mappanyompa, Datu Suppa ke XXX Sultanah Badriyah, Andi Bau Dalang Uleng Bau, Karaeng Ma’rang, Andi Makmur Sadda, Ketum DPP Matra, Karaeng Tukajannangngang, Andi Bau Malik Barammamase, Kerajaan Tallo, Andi Sirajuddin Oddang Dg Parani, Karaeng Sanrobone, YM Ali Mallombassi Karaeng Nyengka. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Keuangan Rp23,2 Miliar untuk Pemkab Pangkep

Pemerintahan

Selama Andi Sudirman Jabat Gubernur, 5 PSN Sudah Diresmikan Presiden Jokowi

Pemerintahan

Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Wali Kota Makassar Gelar Festival Takbir dan Obor Tepian Air Sambut Idul Fitri

Pemerintahan

Gubernur Andi Sudirman Resmikan Ponpes Tahfidz Quran di Kabupaten Sidrap

Pemerintahan

Wali Kota Danny Siap Berikan Bantuan Dana Hibah Pembangunan Gedung NU Makassar

Pemerintahan

Bertemu Wali Kota Danny, Dansatgas Densus 88 Sulsel Puji Pengamanan CCTV Pemkot Makassar

Pemerintahan

Kepala Dinas Pertanahan Makassar Ajak Semua Staff Sukseskan Program Ojol Day

Kriminal

Polisi dan Inspektorat Di Desak Periksa Serta Audit Salah Satu Kades di BUA