Home / Pemerintahan

Senin, 27 Desember 2021 15:09- WIB

Rusak Parah dan Sering Tergenang Air, Jalan Tun Abdul Razak Gowa Jadi Fokus Pemprov Sulsel Tahun 2022.

MAKASSAR, MERATA.NET- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya memberikan atensi terhadap Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa.

Ruas jalan yang menghubungkan akses jalan Hertasning ini rusak parah. Bahkan banyak jalanan yang berlubang serta kerap adanya genangan air. Tak hanya itu, jalan ini pun termasuk yang lalu lintas harian rata-rata (LHR) sangat tinggi.

Sehingga ruas jalan yang ini masuk dalam fokus utama Pemprov Sulsel untuk perbaikan infrastruktur jalan di tahun 2022 mendatang.

Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Sukarlan, menyampaikan, ruas jalan Tun Abdul Razak yang menjadi lintas Makassar – Gowa ini menjadi perhatian serius oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan tahun ini Dinas PUTR Sulsel melakukan penanganan darurat dengan penggalian saluran pembuangan.

Baca Juga  Vaksinasi di Sulsel Capai 5,1 Juta Orang, Pemprov Sulsel kini Fokus Sasar Lansia dan Anak Usia 6-11 Tahun

“Atas instruksi langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Bapak Andi Sudirman Sulaiman, mengarahkan agar dilakukan awal dengan penggalian saluran pembuangan. Sudah mulai dilakukan penanganan yang bersumber dari dana pemeliharaan rutin. Fokus utama adalah mengalirkan air yg tergenang pada badan jalan Tun Abdul Razak, yang ditangani dengan pembuatan saluran untuk mengalirkan air dari lokasi genangan ke sungai terdekat dengan panjang sekitar 400 meter,” ucapnya dari keterangan yang diterima, Senin (27/12/2021).

“Untuk tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PUTR akan menganggarkan untuk penanganan ruas Jalan Tun Abdul Razak. Pengerjaan ini akan menuntaskan jalan yang rusak parah di ruas jalan tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga  62 Tahun Bulukumba, Plt Gubernur Sulsel Beri Bantuan Keuangan Rp 19 Miliar

Tak hanya preservasi untuk perbaikan jalan, namun juga untuk sistem saluran air (drainase). Mengingat lokasi jalan ini sering terjadi genangan.

“Adapun penanganan drainase, untuk saluran kiri-kanan. Dan ntuk penanganan badan jalan berupa pengaspalan dan peninggian jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menegaskan, perbaikan infrastruktur jalan akan diselesaikan secara bertahap. Mengingat kondisi keuangan juga masih berfokus dalam penanganan Covid-19.

“Rintisan saluran Jalan Tun Abdul Razak sementara dilakukan pengerukan untuk saluran pembuangan. Design, pengerjaan saluran dan fisik jalan akan dilakukan secara bertahap. Kepada seluruh warga yang melintas untuk bersabar dan diharapkan dukungan seluruh pihak atas perbaikan jalan ini,” jelasnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Hadiri Konferensi Smart & Healthy City Danny Launching Aplikasi Sehatmi

Pemerintahan

Kisruh Hasil Seleksi KPID, Akademisi Unhas Sebut DPRD Sulsel Langgar Aturan PKPI

Komunitas

Sofha Marwah Bahtiar Motivasi Pengurus PKK dan Dekranasda Kepulauan Selayar

Pemerintahan

Wali Kota Danny Ajak UCM Inspirasi Masyarakat Menjadi Entrepreneur Lorong

Pemerintahan

Peringati Hari Anak Nasional, TP PKK Sulsel Gelar Festival Hari Anak

Pemerintahan

Makassar F8 Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing

Indonesiaku

Momentum Lebaran Idul adha 1443 H, Tempat Hiburan Malam Tutup Tiga Hari

Pemerintahan

Dekranasda Sulsel Pamerkan Sejumlah Kerajinan Unggulan di MNEK 2023