Home / Indonesiaku / Internasional

Kamis, 27 Januari 2022 11:18- WIB

Pengungsi Asal Afganistan Resettlement ke Negara Australia

Abdul Razik Harimi.

Abdul Razik Harimi.

MAKASSAR, MERATA.NET- Abdul Razik Rahimi (27 th) salah satu pengungsi asal Afganistan bersyukur mendapatkan resettlement (pemukiman kembali) ke Negara Australia, meskipun sebelumnya harus menunggu sepuluh tahun, Rabu (26/1/2022).

Dengan diawasi oleh dua orang petugas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Abdul Razik menuju Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar. Ia tak menemui hambatan terkait persyaratan vaksinasi untuk ‘terbang’, karena hampir 90 persen pengungsi di Kota Makassar telah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, termasuk Abdul Razik.

Abdul Razik mengakui mengalami masa sulit selama ini, hal ini dikarenakan ia tidak diperbolehkan bekerja dan tidak memiliki pendidikan yang tinggi, oleh karenanya ia bersyukur meskipun dengan waktu tunggu yang tidak sebentar akhirnya mendapatkan kesempatan resettlement.

Baca Juga  Mengedukasi Masyarakat, Rudenim Makassar Gelar Diseminasi Implikasi Perkawinan Campuran antara Pengungsi Luar Negeri dengan WNI
Abdul Razik Rahimi bersama petugas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulsel di Bandara Sultan Hasanuddin. Foto/Ist

“We live in Indonesia without job, without higher education, it’s a tough situation for me, the solution to get out from this  situation is to resettle us,” ujar Abdul Razik yang menurut keterangannya akan bekerja di toko bahan makanan di Australia nanti.

Kepala Rudenim Makassar secara terpisah menyebutkan bahwa sejak awal Januari sampai dengan hari ini telah dilaksanakan resettlement terhadap tiga orang pengungsi asal Afganistan, ia berharap kedepan pengungsi yang ikut program resettlement semakin bertambah.

“Harapan kami semoga negara penerima suaka membuka lebar kesempatan penempatan pengungsi, karena dengan itu, mereka memiliki harapan baru sebagai manusia utuh, yang bisa menikmati hak-hak penuh sebagai warga negara,” jelas Alimuddin.

Baca Juga  Sejumlah Sekolah Indonesia Bergabung Program Kemitraan Sekolah Australia

Dengan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia GA 641, Abdul Razik beserta dua orang petugas menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada pukul 12.15 wita.

Setiba di Jakarta petugas Rudenim Makassar lakukan serah terima berkas dengan Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, kemudian Abdul Razik melanjutkan penerbangan dengan pesawat Singapore Airlines SQ 965 pada pukul 19.00 wib dan dijadwalkan tiba di Melbourne pada tgl 27 Januari 2022 waktu setempat, kemudian melanjutkan penerbangan menuju Adelaide dengan Maskapai Qantas Airways. (*)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Bupati Adnan Resmikan Masjid Raudhatul Ichsan di Bontonompo Selatan

Indonesiaku

Berikut Hasil pelaksanaan Operasi Patuh Pallawa 2022 Sampai Dihari Ketujuh

Indonesiaku

Brimob Polda Sulsel dan Batalyon Armed 6 Kostrad Gelar Apel Sinergitas

Indonesiaku

Bersama BKKBN, Aliyah Mustika Ilham Tekankan Pentingnya Pencegahan Stunting

Indonesiaku

Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah, Pemkot Makassar Salurkan Rp1,18 Miliar Bantuan Palestina ke Basnaz RI

Internasional

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Kunjungi Bangka Belitung

Hiburan

Semarak Warna-warni Budaya, Tarian dan Busana Nusantara Ditampilkan di Hari Kebudayaan Makassar

Indonesiaku

Ditlantas Polda Sulsel Siap Gelar Operasi Keselamatan 2022, Ada 7 Target Prioritas Pelanggaran Pengendara