Home / Indonesiaku

Kamis, 23 Maret 2023 09:55- WIB

Inilah Makanan Sehat Wajib Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi makanan berbuka puasa. FOTO/qoala.app

Ilustrasi makanan berbuka puasa. FOTO/qoala.app

Makassar, Merata.Net – Setelah menjalani puasa selama satu hari, kamu perlu menyiapkan makanan sehat untuk berbuka puasa.

Mengonsumsi makanan sehat saat berbuka menjadi salah satu kebiasaan baik yang bisa membantu kamu untuk mengembalikan energi untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Makanan manis dan gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat untuk berbuka puasa. Padahal saat berbuka puasa, kamu disarankan mengonsumsi makanan sehat untuk mengembalikan energi hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Bukan hanya dapat memicu gangguan pada pencernaan, salah mengonsumsi jenis makanan saat berbuka juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Mulai dari diabetes dan tekanan darah tinggi, dua penyakit ini akan dengan mudah terjadi jika kamu tidak menjaga pola makan dengan baik.

Dilansir dari halodoc.com, simak  beberapa jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Kurma

Kurma menjadi buah yang mudah ditemui ketika memasuki bulan puasa. Konsumsi kurma saat berbuka puasa menjadi hal yang baik karena kurma mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh setelah berpuasa.

Baca Juga  Hotel Dalton Makassar Berbuka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Kurma juga mengandung kalori, serat, protein, serta vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat pada buah kurma juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih cepat sehingga kamu tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Telur

Telur menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Dengan mengonsumsi telur saat berbuka puasa, kamu akan merasa kenyang lebih cepat sehingga kamu bisa mengatur porsi makan malam agar tidak berlebihan.

3. Pisang

Makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa adalah buah pisang. Buah ini mengandung berbagai kandungan penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari gula alami hingga serat. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi pisang saat berbuka puasa.

4. Ikan Berlemak

Bingung menentukan menu buka puasa untuk keluarga? Sebaiknya pilihlah menu ikan sebagai hidangan berbuka puasa. Ikan adalah sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari.

Baca Juga  Penggugat Enam Media Belum Bayar Tambahan Biaya Perkara, Sidang Putusan Ditunda

Ikan seperti salmon, tuna, atau sarden menjadi jenis ikan yang mengandung lemak omega 3 sehingga baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kale dan bayam menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kandungan protein dan antioksidan di dalamnya membuat kamu menjadi lebih bertenaga setelah seharian berpuasa. Kamu bisa menjadikan sayuran hijau sebagai salad atau menu makanan lainnya dengan lauk yang sehat. 

6. Daging Ayam

Daging ayam bagian dada tanpa kulit menjadi makanan sehat yang bisa untuk buka puasa. Kamu bisa mengonsumsi daging ayam panggang dengan kentang rebus atau kentang tumbuk. Jangan lupa menambahkan salad sayur agar kebutuhan serat juga dapat terpenuhi dengan baik. (*)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Hero Supermarket ajak Anak Panti di Makassar Berbelanja

Indonesiaku

FOTO: Aksi Akbar Bela Palestina di Monumen Nasional

Ekonomi

Pertemuan Kedua W20 di Batu Jawa Timur, Dorong Kemajuan UMKM Perempuan Melalui Transformasi Digital

Indonesiaku

Berenang Memasang Kabel Optik di Pinrang, Abdullah Ditemukan Tim SAR Meninggal Dunia

Indonesiaku

Kolaborasi PMI Hingga IDI Makassar Bantu Korban Gempa di Selayar

Indonesiaku

Juragan 99 Mundur dari Jabatan Presiden Arema FC

Indonesiaku

Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Kapolda Sulsel Bagi-bagi Helm

Indonesiaku

Hepatitis Akut Menular Lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Begini Cara Mencegahnya