Home / Pemerintahan

Kamis, 7 Desember 2023 08:17- WIB

Bapenda Makassar Tax Award 2023 Berlangsung Meriah, Inilah Para Penerima Penghargaannya

Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Pagarra menyerahkan piagam penghargaan kepada CEO Claro Makassar, Anggiat Sinaga. FOTO/Gun

Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Pagarra menyerahkan piagam penghargaan kepada CEO Claro Makassar, Anggiat Sinaga. FOTO/Gun

MAKASSAR, Merata.Net – Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar kembali menggelar Bapenda Tax Award di Claro Makassar, Rabu (06/12/2023) malam.

Acara yang rutin digelar setiap tahunnya ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola pajak dan wajib pajak atas kontribusinya untuk mencapai target penerimaan pajak untuk kemajuan ekonomi dan pembangunan daerah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten III, Mario Said yang mewakili Walikota Makassar, Kepala Bank SulSelBar, Bank Indonesia, BPK RI, Ketua TP PKK, Para Kepala SKPD, Dirut Perusda, Camat, Notaris. Dan seluruh wajib pajak.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan kondisi penerimaan PAD hingga akhir bulan November 2023 mencapai di angka 1,25 Triliun dari target 1,49 atau mencapai 83 persen.

“Ini berkat kerja kita semua, para wajib pajak. Sehingga bentuk apresiasi kepada wajib pajak ini sebagai motivasi atau ajakan wajib pajak lain untuk berkontribusi dalam pembangunan Kota Makassar,” ucapnya saat memberi sambutan.

Apalagi, pada tahun ini, PAD Kota Makassar, sebanyak 140 Miliar dari tahun sebelumnya.

Sebanyak 300 Badan Usaha (BU) se-Kota Makassar dianggap berkontribusi dalam peningkatan pajak daerah yang memiliki ketaatan pajak yang tinggi, sehingga terdapat 27 badan usaha yang secara simbolis menerima penghargaan langsung dari Bapenda.

Baca Juga  Danny Pomanto Jalani Pemeriksaan CT Scan di RSUD Makassar, Usai Terpapar COVID-19

Sementara itu Mario Said mengatakan, melihat malam ini ada banyak wajib pajak yang hadir memperlihatkan komitmen kita untuk kemajuan Kota Makassar.

“kepada seluruh SKPD pengelola pendapatan untuk meningkatkan penerapan elektronifikasi transaksi (transaksi non tunai) dalam pemungutan PAD, khususnya bagi SKPD Pengelola Retribusi,” ujarnya.

Harapannya agar seluruh kanal pembayaran digital yang telah disiapkan oleh pemkot Makassar dalam melakukan pembayaran baik melalui QRIS, VA, Transfer, maupun kanal digital lainnya dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh seluruh Wajib Pajak.

Puncak Bapenda Tax Award ini menghadirkan Penampilan penyanyi David Bayu yang menyangikan sejumlah lagu populernya.

Adapun beberapa wajib pajak yang menerima penghargaan:
Kategori Spesial Award Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Wajib Pajak Restoran Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh Café Bioskop XXI (Patuh dan Taat membayar pajak), Café Grind & Pull dan Wixxmie (Pembayaran Pajak Terbesar).

Wajib Pajak Parkir Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh PT Securindo Pactama Indonesia atau Panakukkang Square (Patuh dan Taat membayar pajak), PT Trans Kalla, dan PT Centerpark Citra Corpora (Pembayaran Terbesar).

Baca Juga  Pj Gubernur Sulawesi Selatan Jalin Sinergitas TNI dan Polri Hadapi Pemilu Mendatang

Wajib Pajak Reklame Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh Jos Karya Adv (Patuh dan Taat membayar pajak), CV Karya Abadi, dan PT Duta Niaga (Pembayaran Pajak Terbesar).

Wajib Pajak Hotel berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh Four Points by Sheraton (Patuh dan Taat membayar Pajak), Hotel Claro & Convention, dan Swissbell Hotel (Pembayaran Pajak Terbesar).

Wajib Pajak Hiburan Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh Fit Hub Nipah (Patuh dan Taat membayar pajak), Café XXI Nipah dan PT Nusa Sejahtera Rakyat/Bioskop XXI (Pembayaran Pajak Terbesar).

Wajib Pajak Notaris Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh Poat Michiko Sodikam (Patuh dan Taat membayar pajak), Frans Polim dan Fitrah Noviyanti (Pembayaran pajak terbesar).

Wajib Pajak PBB-P2 Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh PT Inti Cebels Citra Rasa (Patuh dan Taat membayar pajak), PT Makassar Netro Network/Tol dan PT Pelindo IV (Pembayaran Pajak terbesar).

Wajib Pajak Air Bawah Tanah Berprestasi dalam meningkatkan PAD diterima oleh PT Indofood CBF Sukses Makmur TBK, (Patuh dan taat membayar Pajak), RSUP Wahidin dan PT Chaeron Pokhpan Indonesia (Pembayaran pajak terbesar). (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Gubernur Sulsel Minta Proyek KA Tak Tersendat Pasca OTT KPK

Pemerintahan

Gubernur Sulsel dan Jatim Perkuat Kerjasama di Berbagai Bidang

Pemerintahan

Prosesi Annyorong Lopi Tandai Peresmian Dua Kapal Pinisi Pemkot Makassar

Pemerintahan

Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Sampaikan Pesan Penting dari Presiden Jokowi

Pemerintahan

Progres Rekonstruksi Jalan Pekkae-Takkalalla Memasuki Tahap Trial Mix

Pemerintahan

Indira Yusuf Ismail Dorong Peran Aktif Kecamatan Wujudkan Makassar Kota Dunia

Pemerintahan

Hanya 21 dari 24 Pejabat Eselon II Pemkot Makassar Dilantik, Tiga Terkendala di Pusat

Pemerintahan

Pj Gubernur Bersama Istri Hadiri HUT Takalar ke-64 Tahun