Home / Indonesiaku

Senin, 6 Desember 2021 19:23- WIB

Banjir Bandang Terjadi di Soppeng, Plt Gubernur Sulsel : BPBD Provinsi Segera Bawa Bantuan

MAKASSAR, MERATA.NET- Intensitas hujan tinggi terjadi dibeberapa wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam beberapa hari terakhir akibatnya terjadi banjir bandang di Kabupaten Soppeng. Ada 4 Desa dan Kelurahan di 3 Kecamatan yang terdampak banjir tersebut.

Berdasarkan data dari BPBD Soppeng, hujan yang terus menerus yang terjadi sejak tanggal 5 Desember 2021 pukul 18.30 sampai Senin (6/12/2021) hari ini mengakibatkan sungai Paddangeng, Sungai Lawo, dan Sungai Belo meluap ke pemukiman warga.

Akibatnya terjadi banjir dibeberapa titik di Soppeng, yakni Kelurahan Ompo dan Desa Maccile di Kecamatan Lalabata; Desa Belo di Kecamatan Ganra; Desa Paddangeng di Kecamatan Donri-Donri.

Baca Juga  Seorang Ayah yang Ingin Mendampingi Anaknya Daftar Polisi Tewas Tertabrak Mobil Pickup

Banjir ini pun mengakibatkan dua unit rumah beserta sejumlah barang dalam rumah itu terbawa arus banjir dan 1 unit rumah bergeser. Adapun jumlah rumah yang terdampak banjir, masih dalam tahap asesmen oleh tim BPBD Kabupaten Soppeng.

Mendengar kabar itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan kepada BPBD untuk memastikan pemenuhan bantuan.

“Saat ini sementara loading bantuan logistik pangan dan family kit oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng,” katanya, Senin (6/12/2021).

Baca Juga  100 Personil Polantas Polda Sulsel BKO KTT G20 Bali Tiba di Makassar

Andi Sudirman menghimbau masyarakat tetap waspada antisipasi dampak curah hujan yang tinggi. Apalagi BMKG Wilayah IV memprediksi cuaca tiga hari kedepan hingga tanggal 7 Desember 2021 yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi dibeberapa daerah di Sulsel.

Ia pun meminta Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten/kota untuk mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi kondisi cuaca saat ini. “Kita harap bantuan ini dapat meringankan korban terdampak banjir. Serta untuk BPBD terus siaga untuk memastikan pemenuhan bantuan bagi korban,” pungkasnya. (Dar/Rik)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Video: Unjuk Rasa Kelangkaan Minyak Goreng Berakhir Ricuh di Makassar

Indonesiaku

Masuki Tahun ke-5, Gojek Perluas Edukasi Anti-Kekerasan Seksual

Indonesiaku

Peserta Luar Daerah Ramaikan Diklatda HIPMI NTT, Salah Satunya Makassar

Indonesiaku

FOTO: Hari Kedua Timnas TC di Turki, Adaptasi Cuaca

Indonesiaku

Ditlantas Polda Sulsel Siap Menggelar Operasi Keselamatan 7 Hingga 20 Februari 2023

Bisnis

Berkontribusi Kelestarian Alam, Mbah Sukoyo Menerima Anugerah Amartha Local Heroes

Indonesiaku

Terseret Arus Sungai, Raki Ditemukan Meninggal Dunia

Indonesiaku

Lewati Myanmar, Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala AFF U-16 2022