Home / Pemerintahan

Senin, 30 Oktober 2023 07:02- WIB

Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Resiko Penggunaan Produk Tanpa Izin BPOM

MAKASSAR, Merata.Net – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama mitra BBPOM di Makassar gelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui KIE obat dan makanan, bersama masyarakat Kota Makassar Kec. Mariso, Kec. Mamajang dan Kec. Tamalate.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham mengingatkan masyarakat agar lebih cerdas dalam memilih produk sebelum dikonsumsi.

“Fikirkan efek samping yang mungkin ditimbulkan, semisal memilih produk kosmetik, jangan hanya karena ingin putih secara instan mengabaikan resiko jangka panjang yang dapat ditimbulkan,” tutur Aliyah Mustika Ilham, di Hotel UIN Alauddin, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga  Komisi B DPRD Makassar Panggil PT  KIMA, Minta Penjelasan Terkait Kenaikan PPTI 30 Persen 

Makin maraknya produk yang beredar secara online maupun offline, mengharuskan masyarakat cerdas dan bijak dalam memilih produk.

“Pastikan cek KLIK, cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kedaluwarsa sebelum menggunakan,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala BBPOM di Makassar, Dra Hariani, Apt dan PFM Madya Balai Besar POM di Makassar, Dra Hj Andi Aisyah Hapid, Apt, selaku narasumber juga menjelaskan tentang tanggal kedaluwarsa produk.

“Memahami tanggal kedaluwarsa, sehingga menjadi salah satu pertimbangan membeli produk, beli sesuai kebutuhan yang akan digunakan, sehingga tidak menyimpan produk terlalu lama,” tutur Andi Aisyah.

Baca Juga  Gubernur Sulsel Lepas Jenazah Wabub Luwu Syukur Bijak

Berbagai efek samping dapat ditimbulkan, jika menggunakan produk yang tidak memiliki izin dari BBPOM, semisal untuk produk kosmetik jika mengandung bahan berbahaya dapat menjadi resiko kanker kulit.

“Ada beberapa bahan yang tidak aman bagi ibu hamil ataupun menyusui, sehingga jika digunakan dapat memberi efek bukan hanya kepada ibu, tetapi juga dapat beresiko bagi anak ataupun janin,” lanjutnya.

Untuk itu, diharapkan setelah mengikuti sosialisasi ini para peserta mampu memberikan pemahaman dan perlindungan minimal kepada diri dan keluarga, dan masyarakat sekitar lingkungan mereka. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wali Kota Danny Bersama Keluarga Gunakan Hak Pilihnya pada Pemilu 2024

Pemerintahan

Belum Selesai Soal Lahan Parkir, Pengelola Toko Ini Kembali Pagari Fasum

Pemerintahan

Rembuk Stunting 2022, Makassar Target Zero Stunting 2024

Pemerintahan

Bareng Pj RT/RW, Lurah Bakung Gelar Kerja Bakti Bersihkan Sampah Menumpuk

Pemerintahan

Beroperasi Juli 2024, Sulsel Segera Miliki Rumah Sakit Jantung, Otak, dan Kanker

Pemerintahan

PKK Makassar Gelar Pembentukan dan Pembinaan Administrasi Dasawisma

Pemerintahan

Hadiri Jalan Sehat Restorasi Nasdem, Gubernur Sulsel: Sejalan Program Kami, Sulsel Anti Mager

Pemerintahan

Buka Pesta Rakyat Adat Lammang, Gubernur Sulsel: Antusias UMKM, Geliatkan Ekonomi