Home / Indonesiaku

Kamis, 20 Januari 2022 19:47- WIB

Unjuk Rasa Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM), Selamatkan Demokrasi Indonesia

MAKASSAR, MERATA.NET- Meskipun diguyur hujan, sejumlah mahasiswa yang merupakan kader Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) tetap melakukan aksi unjuk rasa di pertigaan Jl AP Pettarani- Hertasning. Kamis, (20/01/2022)

Mereka berorasi secara bergantian dengan membawa beberapa petaka aksi yang menuntut terkait sempitnya ruang berekspresi di negara demokrasi.

Menurutnya, belakangan ini indeks demokrasi negara Indonesia menurun. Terbukti dengan kian banyaknya kasus pembungkaman terhadap orang-orang yang melakukan kritikan terhadap pemerintah.

Banggulung selaku jenderal lapangan aksi mengatakan bahwa, akhir akhir ini fenomena yang terjadi di negara kesatuan Indonesia marak terjadi seperti pembubaran dan penangkapan sewenang-wenang terhadap peserta aksi demonstrasi.

Baca Juga  Dirut PT LIB Bersama 5 Orang Lainnya Tersangka Tragedi Kanjuruhan

“Penanganan kasus kekerasan seksual yang tidak berpihak pada korban, situasi papua yang tak kunjung selesai Ditambah lagi dengan situasi pandemi yang selalu melahirkan mutasi-mutasi mutakhir sehingga nyawa kita selalu terancam setiap hari,” Ujarnya melalui pengeras suara.

Selain itu, pemerintah malah tampil menunjukkan kuasanya dengan mengkriminaliasai bebrapa Aktivis atas pendapat yang ditujukan untuk menyeimbangkan diskursus Negara.

Hal-hal yang sedang dialami mereka tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada kita. Kriminalisasi tersebut adalah bentuk nyata dari makin sempitnya ruang berekspresi untuk menyampaikan kritik atau gagasan atas kebijakan serta kinerja pejabat pemerintahan. Apalagi ditambah dengan ancaman yang ada makin membuat situasinya demokrasi kita terpuruk.

Baca Juga  Organda Bakal Lakukan Penyesuaian Kenaikan Tarif Pete-pete di Makassar

“Pada situasi seperti ini, kita Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) merasa perlu terlibat didalam perbaikan Demokrasi guna mengingatkan pada Negara bahwa kebebasan warga negara adalah bagian inti dari Demokrasi yang sudah semestinya dijamin”. Tegas Banggulung dalam orasinya

Aksi tersebut berlangsung selama dua jam lebih yang mengakibatkan arus lalu lintas macet. (*)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah, Pemkot Makassar Salurkan Rp1,18 Miliar Bantuan Palestina ke Basnaz RI

Indonesiaku

Aksi Teatrikal Peringati Hari Anti Korupsi oleh Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM)

Indonesiaku

Ganti Pimpinan, Bandara Sulhas Adakan Pisah Sambut General Manager

Indonesiaku

MUI Sulsel : Umat Muslim Haram Menggunakan Atribut Natal

Hiburan

Mercure Makassar Nexa Ajak 40 Anak Panti Asuhan Nikmati Fasilitas Hotel

Indonesiaku

Sambut HUT Pemasyarakatan, Rutan Makassar Gelar Porseni dan Donor Darah

Indonesiaku

Kemkes RI Pastikan Satu Warga Negara Indonesia Terkonfirmasi Kena Cacar Monyet

Indonesiaku

Sanofi Ungkap Kasus Terkini Polio dan Pentingnya Pemerataan Vaksinasi