Home / Pendidikan

Senin, 3 Juni 2024 10:06- WIB

Temu Pendidik Nusantara Gelar Cerdas Cermat di Makassar

MAKASSAR, Merata.Net – Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI Makassar digelar pada 14 Juli 2024 di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido. Kegiatan akan diselenggarakan di 50 daerah sepanjang 8 Juni hingga 14 Juli 2024 oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kota Makassar dan Yayasan Guru Belajar.

TPN merupakan forum tahunan yang menjadi kulminasi petualangan guru belajar sepanjang tahun melalui beragam aktivitas belajar, berkarya, dan berkarier. Di Makassar, ada beberapa aktivitas TPN XI yakni kelas pendidik, kelas penggerak, talkshow pendidikan, dan Cerdas Cermat Guru (CCG).

Pada aktivitas belajar CGG, peserta akan mendapat soal tantangan konseptual dan praktis yang dirancang sesuai Perdirjen nomor 2626 tahun 2023 mengenai Model Kompetensi Guru.

Menurut Zaid Buri Prahastyo, Penggerak KGBN Makassar, aktivitas CCG ini bukan kompetisi melainkan asesmen formatif untuk pendidik agar mengetahui level kompetensinya.

“Melalui CCG, pendidik bisa mengetahui level kompetensinya tanpa rasa khawatir seperti gagal uji kompetensi. Sebaliknya, CCG menjadi tempat belajar yang seru, terlebih pesertanya adalah tim sehingga mereka bisa berdiskusi. Dengan umpan balik setelahnya, pendidik juga jadi tahu apa yang perlu mereka tingkatkan,” ungkapnya.

Maman Basyaiban, ketua pelaksana TPN XI pusat menjelaskan latar belakang diadakannya CCG karena kurangnya keberagaman upaya peningkatan kompetensi guru dan banyaknya program pengembangan kompetensi guru tapi minim yang membantu guru mengetahui level kompetensinya atau minim umpan balik, serta program untuk mengetahui level kompetensi biasanya high stakes seperti uji kompetensi kenaikan jabatan, yang hasilnya sangat mempengaruhi masa depan karier guru.

Baca Juga  Dunia Harapan School Cup II 2023 Dibanjiri Peserta, Pertandingkan 11 Cabang Olahraga dan Seni

“Mengapa umpan balik perlu lebih banyak? Ibarat orang yang belajar memasak, sudah membaca banyak buku resep, menonton banyak tutorial masak, sudah mencoba memasak juga, tetap butuh makanannya dicicipi dan mendapat masukan dari orang lain. Dari situ jadi bisa mengukur diri apa yang perlu ditingkatkan dari masakannya. Sama halnya dengan guru yang mengajar, butuh umpan balik,” kata Maman.

Peserta yang lolos CCG di Makassar akan maju ke level nusantara di puncak TPN XI di PosBloc, Jakarta pada tanggal 2-3 November 2024. Pada level ini, peserta akan mendapat tantangan dengan format debat.

Thohirotun Ferry, peserta CCG tahun lalu yang maju ke level nusantara dan mendapat prestasi sebagai “Panutan Bronze”, menyebutkan CCG merupakan cara belajar yang seru dan sesuai dengan kebutuhan pendidik.

“CCG sangat seru karena berkolaborasi dengan guru yang lain mengerjakan soal yang sangat relate dengan tantangan sehari-hari. Jadi dapat wawasan, ketika kita menghadapi persoalan, ada banyak opsi cara kita menghadapi, tapi ternyata apa yang selama ini kita anggap benar belum tentu itu cara yang tepat. Yuk Bapak/Ibu pendidik, ambil kesempatan belajar di CCG tahun ini. Terlebih kita akan mendapatkan piagam yang akan memberitahu level kompetensi kita dan ada umpan baliknya, untuk Bapak/Ibu PNS, ini sekaligus menjadi persiapan mengikuti ujian kompetensi,” ungkapnya.

Baca Juga  Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Bagikan 1147 Paket Sembako ke Duafa

Direktur Sekolah Islam Athirah, DR. Syamril, MPd, menyatakan bahwa kegiatan Temu Pendidik Nusantara sejalan dengan komitmen Athirah dan memberikan dukungan, memfasilitasi dan membagi pengetahuan dan pengalaman segenap insan pendidikan demi kemajuan bersama.

“Athirah saat ini sedang mengembangkan education 5.0 dan untuk menyebarkan kebaikan itu maka temu pendidik nusantara adalah cara yang paling tepat, karena sejalan dengan semangat kami untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” tambahnya.

Sebelum perhelatan Temu Pendidik Nusantara XI di Sekolah Islam Athirah, akan diadakan Temu Pendidik Daerah (TPD) di Nutrihub jalan Lagaligo Kota Makassar pada hari Sabtu 8 Juni 2024.

Nurul Hidayah, koordinator pelaksana TPN XI Kota Makassar, mengatakan bahwa TPD di nutrihub akan terbuka untuk umum dengan mengakses http://bit.ly/daftar-jadi-pembicara-diTPNXI-Makassar, “Pesertanya nanti diharapkan dapat berbagi di TPN,” kata Nurul.

“Akan ada sosialisasi misi belajar, di situ ada berbagai permasalahan yang terjadi sehari-hari di sekolah, dan peserta diminta memberikan solusi sesuai pengalamannya masing-masing,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Dukung Program KBUMN, SIG Berikan Beasiswa Kepada 118 Mahasiswa Putra – Putri TNI di Provinsi Sulsel dan DKI Jakarta

Pemerintahan

Bunda PAUD Kota Makassar Resmikan TK PAUD Baitul Qalbi Islamic School

Pendidikan

Isu Mal Pelayanan Publik di Taman Macan, Danny: Saya Perencana Kota, Masa Taman Mau ku Banguni

Pemerintahan

Ada Pameran Foto Tempo Doeloe di Museum Kota Makassar

Pendidikan

Anak Didik TK Islam Athirah 1 Makassar Lebih Dekat dengan Fauna di Citra Satwa Celebes

Komunitas

IMO-Indonesia Apresiasi Video Satgas 53 Kejagung Jelang Pemilu 2024

Pendidikan

Rektor ITB Nobel Indonesia Beri Motivasi Siswa SMA 2 Makassar

Pendidikan

Kasubag Teknis KPU Sulsel Paparkan Peran Media Digital Terhadap Partisipasi Pemilih