Home / Pendidikan

Senin, 28 Agustus 2023 07:08- WIB

SD Islam Athirah Racing Centre Laksanakan Outing Class di Trans Snow World Makassar

MAKASSAR, Merata.Net – Belajar merupakan kewajiban dari setiap siswa. Namun, belajar terkadang membuat mereka jenuh. Apatahlagi, untuk siswa sekolah dasar.

Salah satu cara menghilangkan kejenuhan mereka yaitu dengan belajar sambil bermain. Selain itu, siswa juga dapat belajar secara kontekstual atau siswa belajar langsung aplikasi nyata materi yang sedang dipelajari atau biasa dikenal dengan “Outing Class.”

Kelas 4 Umar bin Khattab bersama Forum Komunikasi Kelas (FKK) baru-baru ini melakukan Outing Class pada Jumat, 18 Agustus 2023 dengan tema “Happiness brings Creativity”.

Outing Class dilaksanakan di Snow World Trans Studio Makassar dengan tujuan pembelajaran mengidentifikasi wujud zat padat, cair dan gas. Pesertanya tentu saja siswa kelas 4 yang didampingi oleh masing-masing orang tua dan wali kelas serta pendamping kelas yang merupakan mahasiswa PPL Universitas Bosowa.

Baca Juga  Melawan Arema FC, Bernardo Tavares: Mereka Tim Kuat

Selama berada di Snow World, para siswa diberikan penjelasan tentang salju. Mulai dari wujud salju dengan melihat dan memegang langsung salju yang ada di sekitar mereka, bentuk-bentuk salju dan faktor-faktor yang menyebabkan salju bisa berubah menjadi air.

Setelah belajar, para siswa diajak bermain games dengan menggunakan fasilitas yang tersedia dan diakhiri dengan bermain bersama teman-teman, orang tua maupun guru dengan menikmati berbagai wahana.

Snow World bukan hal yang baru untuk sebagian siswa kelas 4, namun belajar bersama teman-teman kelas dengan suasana yang berbeda merupakan hal yang baru bagi mereka dan sangat menyenangkan. Hal tersebut diungkapkan Zahrana siswi kelas 4 yang juga ikut dalam Outing Class ini.

Baca Juga  Wali Kota Danny Serahkan 680 SK P3K Formasi Guru 2022 di Lapangan Karebosi

“Zahrana baru pertama kali ke Snow World. Selama di sana, Zahrana dan teman-teman belajar tentang salju. Setelah itu, dilanjutkan dengan games. Setelah itu, kami bermain bebas. Pokoknya, seru sekali di sana. Karena ada banyak permainannya,” jelasnya.

Selain mendapat pengatahuan, para siswa juga mendapat pengalaman belajar dan bermain salju. Hal tersebut diungkapkan oleh Suriati atau biasa disapa Ummi Suri yang merupakan wali kelas dari kelas 4 Umar bin Khattab.

“Kalau saya pribadi, lebih kepada pengalamannya anak-anak bisa melihat dan merasakan langsung dengan menggunakan indra kulit, sehingga anak-anak bisa menambah pengetahuan tentang zat cair menjadi padat atau sebaliknya,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Tiga Pemain PSM Makassar dan Dua Eks PSM Raih Gelar Sarjana Manajemen di Universitas Bosowa

Pemerintahan

Nadiem Beberkan Alokasi APBN 2023 di Kemendikbudristek

Pendidikan

Penghujung Tahun 2021, Rektor UNM Kukuhkan Seribu Wisudawan

Pendidikan

CSR Internet Baik Telkomsel di MAN 2 Makassar, Peserta Pelajar dan Guru Antusias

Pendidikan

Kalla Translog Mengajar Sasar Anak-Anak Pulau

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Mengajar, Guru SD Islam Athirah Racing Centre Ikuti ‘Mari Mengajar Kreatif’ di Ganara Art

Pemerintahan

Kampus Swasta Wilayah Sultanbatara Dukung Program Budidaya Pisang Cavendish, Penanaman Perdana di Lahan Unibos

Pendidikan

SMP Islam Athirah Bone Gelar Pekan Apresiasi di Hari Pertama Sekolah 2024