Home / Olahraga

Jumat, 26 April 2024 06:50- WIB

Pulangkan Taegeuk Warriors, Garuda Muda Terbang Tinggi di Doha

Arham Pratama menjadi penentu kemenangan Indonesia melawan Korea Selatan. FOTO/PSSI

Arham Pratama menjadi penentu kemenangan Indonesia melawan Korea Selatan. FOTO/PSSI

DOHA, Merata.Net – Timnas U-23 Indonesia kembali mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah menyingkirkan Korea Selatan (Korsel) U-23.

Garuda Muda menang denhan skor 11-10 (2-2) lewat babak adu penalti yang penuh drama mendebarkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4) WIB.

Laga dibabak pertama, Korsel secara mengejutkan membobol gawang Indonesia pada menit tujuh melalui tendangan jarak jauh Lee Kang-hee.  Namun, gol dibatalkan setelah wasit Shaun Evans asal Australia mengecek VAR.

Indonesia pun merespon dan membuka keunggulan pada menit 15 melalui Rafael Struick.

Pemain Ado den Haag itu melepaskan bola ke pojok kiri atas gawang Korsel yang tidak terjangkau Baek Jong-bum.

Indonesia mendapat momentum menambah keunggulan pada menit 31. Namun, bola yang dilepaskan Marselino Ferdinan masih melebar. Sebelum melepaskan tendangan, Marselino melakukan kerja sama satu-dua dengan Rafael Struick.

Memasuki akhir babak pertama, Korsel menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Bek Indonesia, Komang Teguh berniat menghalau bola yang disundul Eom Ji-sung. Tetapi bola justru berubah arah sehingga Ernando Ari terkecoh.

Baca Juga  Gerakan Sulsel Anti Mager Kini Telah Diikuti 1,5 Juta Warga

Indonesia  tidak butuh lama untuk kembali unggul. Hanya tiga menit selepas gol balasan Korsel, Rafael Struick kembali mencetak gol kedua dan brace sekaligus membuat Garuda Muda menutup babak pertama dengan keunggulan 1-2.

Di babak kedua, Indonesia tetap tampil menekan, meski dalam posisi unggul. Menit-54 Rafael Struick mempunyai peluang untuk mencetak hattrick. Sayangnya, sepakannya masih melebar.

Struick kembali mendapatkan peluang di menit 56. Bola hasil tendangannya di dalam kotak penalti masih melambung.

Dua menit berselang, Marselino Ferdinan memberikan ancaman. Pemain KMSK Deinze itu coba memasukkan bola dari sudut sempit, namun tidak menjadi gol.

Memasuki menit 69, wasit Shaun Evans memberikan kartu merah untuk pemain Korsel U-23, Lee Young-jun, yang melanggar Justin Hubner. Saat dicek oleh VAR, terlihat dengan jelas Lee menginjak kaki Hubner.

Unggul satu pemain, Garuda Muda malah lengah. Lewat sebuah serangan balik, Jeong Sang-bin berhasil merobek gawang Ernando sehingga skor menjadi 2-2. Laga pun harus berlanjut ke babak tambahan atau extra time.

Baca Juga  Wali Kota Danny Serahkan 680 SK P3K Formasi Guru 2022 di Lapangan Karebosi

Pada paruh pertama babak tambahan kedua tim tidak banyak mengkreasi peluang karena tempo permainan menurun seiring faktor stamina para pemain dari kedua tim yang cukup terkuras.

Di babak kedua extra time, Shin Tae-yong memasukkan Ramadhan Sananta untuk menggantikan Witan Sulaeman.

Indonesia tampil lebih menekan dengan tambahan tenaga baru seperti Sananta, Jeam Kelly Sroyer, dan Arkhan Fikri. Peluang datang pada menit 109 melalui tendangan Justin Hubner.

Bola sepakan pemain Cerezo Osaka itu berhasil ditepis Baek Jong-bum. Bola liar disambar Kelly, tetapi malah melambung.

Nathan Tjoe-A-On punya kesempatan di menit 113 lewat tendangan jarak jauh. Namun, bola bergulir tipis di atas gawang Korsel.

Sampai dua kali babak tambahan, skor 2-2 tidak berubah. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak ini, Indonesia menunjukkan mental yang lebih baik. Garuda Muda menang 11-10 atas Taeguk Warriors dan memastikan tempat di semifinal, sekaligus membuka peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024. (*)

Share :

Baca Juga

Olahraga

MotoGP Portugal 2024, Bagnaia dan Marquez Tabrakan, Jorge Martin Juara

Olahraga

Laga Playoff Timnas U-23 vs Guinea Digelar Tertutup

Olahraga

Selesai RUPS, Ini Komposisi Terbaru Pengurus PT Liga Indonesia Baru

Indonesiaku

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia Setelah Hajar Nepal 7-0

Olahraga

FA Cup: MU Singkirkan Liverpool 4-3

Indonesiaku

Mantan Pebalap Drag Bike Aam Tompo Jr, Apresiasi Walikota Makassar

Komunitas

Malam ini IMI Akan Kukuhkan Presiden Joko Widodo Sebagai Bapak Otomotif Indonesia

Internasional

FOTO: Hattrick Ronaldo Bawa MU Tundukkan Norwich City