Home / Indonesiaku / Pemerintahan

Rabu, 11 Mei 2022 23:28- WIB

Presiden Jokowi Tiba di Washington DC Siap Hadiri KTT AS-ASEAN

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS, Selasa (10/05/2022) malam waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS, Selasa (10/05/2022) malam waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres)

Washington DC- Merata.Net – Presiden RI  Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/05/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS) atau Rabu, 11 Mei 2022 pukul 08.40 WIB.

Setelah menempuh kurang lebih 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat tersebut.

Setelah pintu pesawat terbuka, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani naik ke pesawat dan mempersilakan Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana turun dari pesawat.

Setelahnya di tangga pesawat, kembali Dubes RI beserta istri menyambut Presiden dan Ibu Negara. Presiden dan rombongan kemudian menuju hotel tempatnya menginap, dan akan memulai agenda kerjanya esok hari.

Baca Juga  Turun Kejalan, GAM Suarakan Tolak Keras Penundaan Pemilu.

Setibanya di hotel tempatnya menginap, tampak menyambut Presiden dan Ibu Iriana, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah tiba lebih awal.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Presiden Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Presiden Jokowi antara lain pertemuan dengan anggota Kongres; pertemuan dengan para CEO besar Amerika; pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Baca Juga  Ini Harga Tiket dan Rute Penerbangan di Bandara Arung Palakka, Bone

Presiden menuturkan bahwa saat ini Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024.

Indonesia berharap, KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

“Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera,” ungkapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Ketua TP PKK Makassar Ingatkan Peran Penting Keluarga Cegah Trafficking

Pemerintahan

Danny Pomanto Bersama KKSS Shalat Ied di Sydney

Pemerintahan

Sebanyak 62 Ribu Pekerja di Sulsel Bakal Dapat Bantuan Subsidi Upah

Pemerintahan

Tak Kebagian THR, Karyawan di Makassar Bisa Mengadu Lewat Posko

Indonesiaku

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kunjungi Fasilitas Pengolahan Limbah di SBI Pabrik Narogong, Jawa Barat

Pemerintahan

Lorong Wisata Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi dan Tekan Inflasi di Makassar

Indonesiaku

Karang Taruna Sulsel-Komunitas Generasi Milenial Bantu Korban Puting Beliung di Makassar

Pemerintahan

Wali Kota Danny Kunjungi Lokasi Kebakaran di Pasar Sentral