Home / Uncategorized

Kamis, 16 Mei 2024 20:47- WIB

HUT Dekranas ke-44, Indira Yusuf Ismail Sambut Kunjungan Iriana Jokowi di Both Kerajinan Sulsel

SOLO, Merata.Net – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi selatan turut berpartisipasi pada Expo UMKM, produk kriya dari seluruh provinsi di Indonesia di Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan ini menjadi rangkaian dari acara perayaan HUT Dekranas ke-44 tahun. Di hari kedua acara, Iriana Joko Widodo hadir langsung mengunjungi both UMKM daerah satu persatu.

Iriana Jokowi hadir didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Indonesia Maju. 

Lewat kesempatan itu, Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail menyambut dan mengenalkan produk unggulan dari kerajinan Sulawesi selatan.

Iriana Jokowi pun menikmati suguhan produk UMKM Sulsel yang didekorasi dengan nuansa khas bugis dengan atap rumah tongkonan.

Baca Juga  Safari Ramadan Perdana di Masjid Sirajuddin Kaluku Bodoa, Camat Tallo Sampaikan Pesan Ini

Tidak hanya Sulsel, Indira juga menghadirkan Both Derkanasda Kota Makassar yang memamerkan berbagai produk keunggulan Kota Makassar.

Diantaranya, kain-kain yang menjadi khas busana masyarakat Kota Makassar pada acara tertentu. Ada kain baine, kain lagosi, dan kain sutra.

Dekranasda Kota Makassar juga memajang kerajinan tangan yang terbuat dari sisa kain perca sutra dan lain motif khas Makassar. Disulap menjadi pot bunga dan tas belanja.

Serta kerajinan tas yang terbuat dari eceng gandok, perhiasan kalung khas makassar, hingga minyak tawon. Seluruh yang dipamerkan adalah produk berkualitas tinggi Dekranasda Kota Makassar.

Baca Juga  Hari Pertama, Danny Hadiri Tiga Agenda Penting di Australia

“Semua produk unggulan khas daerah yang kita bawa adalah hasil kerajinan binaan Dekranasda Kota Makassar,” jelas Indira.

Indira berharap, hadirnya pameran-pameran seperti ini dapat menjadikan produk kriya lokal sebagai produk unggulan yang diminati secara global.

Apalagi dirinya selalu Ketua Dekranasda terus menekankan pentingnya kualitas produk yang memenuhi standar untuk dipasarkan. Bagi Indira produk lokal dan berkualitas tentu akan lebih berdaya dan bernilai jual.

“Di Makassar kita selalu mendorong lahirnya produk lokal yang berkualitas dan mesti memenuhi standar. Target kita adalah produk UMKM Kota Makassar mestinya yang merajai ekspor hingga luar negeri,” harapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

346 Rumah Rusak di Selayar Akibat Terdampak Gempa NTT, Plt Gubernur Sulsel : Kerahkan Tim Medis Hingga Logistik

Uncategorized

Tiger Beer Resmi Masuk Pasar Indonesia, Kenalkan Tiger Soju Flavouref Lager

Uncategorized

Peringatan Hari Kartini, TP PKK Kota Makassar Hadirkan Rena Basuki

Pemerintahan

Di MGN 2021, Wali Kota Makassar Semangati Anak Muda dengan Restorasi

Uncategorized

Danny Pomanto Catatkan Sejarah, Setelah 44 Tahun Pemkot Makassar Kantongi Sertifikat HPL Karebosi

Uncategorized

Kalla Logistics

Pemerintahan

Gubernur Sulsel, Kapolda dan Pangdam “Manre Sipulung” Bersama Kepala Desa

Uncategorized

Semarakkan Festival Rebus, Wali Kota Makassar Gowes Menuju Pasar Terong