Home / Pemerintahan

Kamis, 30 November 2023 10:07- WIB

Disperindag – Dekranasda Sulsel Lakukan Pendampingan Teknis Diversifikasi Kerajinan di Pangkep

PANGKEP, Merata.Net – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel melakukan Pendampingan Teknis Diversifikasi Produk Anyaman Lontar dan Kerajinan Limbah Marmer di Kabupaten Pangkep.

Kegiatan yang diikuti oleh 15 orang perajin anyaman bambu di Kabupaten Pangkep ini, telah berlangsung pada tanggal 15-17 November 2023.

Dikatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuat diversifikasi produk yang berbeda dari prodak sebelumnya. Dengan cara memadukan antara anyaman lontar dan kerajinan limbah marmer sehingga menghasilkan desain produk kerajinan yang baru dan inovatif.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Ahmadi Akil menyampaikan, bahwa industri kerajinan anyaman dan industri kerajinan limbah marmer banyak berkembang di Kabupaten Pangkep.

Baca Juga  Dukung Penerapan Satu Data Indonesia Provinsi Sulsel, 15 OPD Tandatangani Komitmen Bersama

“Untuk meningkatkan daya saing produk, masih membutuhkan bimbingan baik, baik dari segi desain, perlakuan bahan baku yang berkualitas, teknis produksi, diversifikasi produk, kemasan, finishing produk, dan akses pasar melalui media online, serta fasilitasi pameran baik lokal, nasional, dan internasional,” katanya, Kamis (30/11/2023).

Pemprov Sulsel bersama Dekranasda, kata dia, terus mendorong dalam meningkatkan SDM perajin, serta program pembinaan yang tepat sehingga menghasilkan produk kerajinan yang kreatif, berkualitas berbasis tradisi dari warisan budaya.

“Kami berharap kegiatan itu dapat menghasilkan diversifikasi kerajinan limbah marmer yang dipadukan dengan anyaman serat lontar yang berdaya saing dan berkualitas serta dapat memenuhi selera konsumen baik dalam negeri maupun manca negara. Semoga kita dapat lebih meningkatkan lagi program-program pembinaan khususnya industri kerajinan yang masih membutuhkan perhatian dari Dinas yang membidangi indusri, baik Provinsi Maupun Kabupaten/Kota bersama Dekranasda,” jelasnya.

Baca Juga  Beredar Foto Andi Sudirman Dilantik Jokowi, Kadis Kominfo: Itu Foto Lama

Dalam kegiatan pendampingan Teknis Diversifikasi Produk Anyaman Lontar dan Limbah Marmer ini dihadiri oleh Sekretaris Dekranasda Sulsel dan Sekretaris Bidang Wirausaha Baru Dekranasda Sulsel; Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Pangkep dan Kepala Bidan Sapras.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Danny Ungkap 2 OPD Pemkot Tak Paham Program Metaverse di Rakorsus

Indonesiaku

Antisipasi Gempa Susulan Danny Minta Warganya Tetap Tenang Dan Waspada

Pemerintahan

Dinsos Makassar Bakal Bebaskan Lahan Bangun Liponsos Balla Passili

Indonesiaku

Sekda Sulsel Lantik UPK BPPD Sulsel Periode 2021-2025 di Saksikan Sandiaga Uno

Pemerintahan

Jelang Ramadan Sekda Bakal Pastikan Kestabilan Harga Bahan Pokok

Pemerintahan

Dinkes Harap Duta Siswa KTR Aktif Bantu Pemkot Makassar Sosialisasikan KTR

Pemerintahan

Mentan Syahrul Ajak Pegawai Tumbuhkan Persaudaraan yang Erat Antar Umat Beragama.

Olahraga

Plt Kadispora Makassar Bertemu Menpora Dito, Ini yang Dibahas