Home / Pemerintahan

Jumat, 4 Februari 2022 00:17- WIB

Corona Tembus 27 Ribu Kasus, Ini Pesan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

MERATA.NET- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada warga di tengah lonjakan kasus Corona, yang mencapai 27.197 kasus dalam sehari. Dia meminta warga tetap tenang.


“Saya minta kepada Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara semuanya untuk tetap tenang,” ucap Jokowi dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/2/2022).

Berikut pernyataan lengkap Presiden Jokowi :

Menanggapi perkembangan terkini kasus COVID-19, terjadi kenaikan hingga 27.197 kasus per hari ini, Kamis, 3 Februari 2022. Perlu saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi oleh pemerintah dengan kesiapan-kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu. Baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, isolasi, maupun tenaga kesehatan dan kondisi rumah sakit hingga saat ini juga masih terkendali.

Baca Juga  Sisihkan 160 Sekolah, SMAN 8 Makassar Raih Tiket Grand Final AXIS Nation Cup 2023

Untuk itu saya minta kepada Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara semuanya untuk tetap tenang. Varian Omicron ini memang tingkat penularannya tinggi, namun tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan dengan varian Delta. Hal ini bisa terlihat dari kasus COVID di beberapa negara di mana tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah

Hal ini juga termasuk di negara kita Indonesia, meskipun kasus melonjak cukup tinggi namun keterisian di rumah sakit masih terkendali. Perlu saya sampaikan bahwa varian Omicron dapat disembuhkan tanpa harus ke rumah sakit.

Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi secara mandiri di rumah, minum obat dan multivitamin, dan segera tes kembali setelah lima hari.

Bapak, Ibu, Saudara-saudara sekalian, saya juga telah memerintahkan Menko Marinves selaku Koordinator PPKM Jawa dan Bali serta Menko Perekonomian selaku Koordinator PPKM luar Jawa-Bali untuk segera mengevaluasi level PPKM. Saya minta kepada gubernur, bupati, wali kota, dan jajaran pemerintah daerah dibantu jajaran TNI dan Polri untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat dan vaksinasi terus dijalankan dan dipercepat.

Baca Juga  Makassar Darurat Air Bersih, BPBD Kota Sigap Distribusi Langsung ke Wilayah Terdampak

Sebagai penutup, saya kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dengan menghadapi berbagai varian baru COVID-19. Tetap disiplin menjaga protokol kesehatan dan kurangi aktivitas yang tidak perlu. Bagi yang belum divaksin agar segera divaksin, bagi yang sudah divaksin lengkap dan sudah waktunya untuk disuntik vaksin penguat, booster agar segera vaksin booster. Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Danny Hadiri Forum Pra Rakernas V DPD Projo Sulsel Dirangkaikan Dengan Buka Puasa Bersama

Pemerintahan

Komitmen Gubernur Sulsel Perbaiki Infrastruktur Jalan, Termasuk Antang

Pemerintahan

Ruang Terbuka Hijau Kota Makassar Bertambah, Ini Penjelasan Kepala DLH

Pemerintahan

Optimalkan Lahan Tidur, Taman MoI dan Kawasan BSO Ditanami Sukun

Pemerintahan

Gubernur Sulsel Tinjau Lokasi Pembangunan Jembatan Sungai Malango di Torut

Pemerintahan

Jaksa Agung Ingatkan Pentingnya Membangun Komunikasi Publik dengan Beragam Platform Media

Pemerintahan

Bus Trans Mamminasata Resmi Diluncurkan, Plt Gubernur Yakin Dikelola Profesional

Pemerintahan

Pemkot Makassar Bakal Ambil Alih Stadion Barombong