Home / Pemerintahan

Sabtu, 24 Februari 2024 19:06- WIB

Bappeda Makassar Bakal Gelar Rakorsus, Wali Kota Gagas Kota Low Karbon

MAKASSAR, Merata.Net – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Bappeda Makassar kembali akan menggelar agenda tahunan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus), Senin (26/02/2024) mendatang. Pemkot Makassar akan mengangkat topik terkait Kota Low Karbon.

Topik tersebut merupakan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya yang mengangkat tentang Makassar Kota Makan Enak dan Makassar Metaverse.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menjelaskan pembangunan yang berkelanjutan harus fokus pada penyelamatan lingkungan. Mengingat kerusakan bumi sudah semakin parah.

Pria yang akrab disapa Danny Pomanto itu menyampaikan bahwa berbagai pihak telah memprediksi kerusakan bumi lebih cepat dari dugaan. Salah satu contoh, soal kenaikan air laut di Kota Makassar.

Danny Pomanto menjelaskan, bahwa pada saat Ilham masih menjabat sebagai wali kota, diprediksi kenaikan air laut hingga mencapai 110 cm akan terjadi pada tahun 2100.

Baca Juga  Wali Kota Jelaskan Keunggulan Inovasi Appakabaji UMKM ke Tim Penilai PPD, Bappeda Makassar Harap Lolos

“Namun ternyata, di masa saya, diprediksi tahun 2050 air laut naik mencapai 114 cm. Itu kan lebih cepat dari perkiraan. Makanya, di Rakorsus na di, kita akan bicarakan soal perubahan iklim. Terkait low carbon with metaverse,” jelas Danny di Forum Konsultasi Publik RKPD Makassar 2025 yang lalu di Hotel Claro, Senin (19/02/2024).

Maka dari itu, Danny Pomanto akan menginstruksikan ke seluruh OPD untuk menjalankan program-program strategis yang lebih ramah lingkungan.

Misalnya, dia akan memaksimalkan penggunaan listrik dari energi terbarukan dengan menggunakan panel surya.

Baca Juga  Panglima TNI Resmikan 16 Infrastruktur di Jajaran TNI AL

“Jadi gedung perkantoran, seperti Makassar Goverment Centre dan sekolah-sekolah nantinya akan dilengkapi panel surya sebagai sumber energi listrik yang utama.

Jadi kita akan rancang green building yang paling modern dan system smart city yang low karbon alias ramah lingkungan,” katanya.

Dalam aktifitas sehari-hari pun, seluruh pegawai Pemkot Makassar akan diminta menggunakan berbagai peralatan ramah lingkungan.

Semua OPD akan diperintahkan membuat inovasi yang berkaitan dengan penyelamatan (ramah) lingkungan.

“Contohnya, kita tidak lagi menggunakan botol plastik. Jadi di Rakorsus nanti, saya perintahkan semua OPD untuk buat inovasi yang berkaitan dengan ramah lingkungan,” tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Danny Pomanto Minta Camat Tingkatkan Kekompakan Demi Sukseskan Program Prioritas Pemkot

Olahraga

Surat FIFA ke Presiden Jokowi: Tidak Ada Sanksi dan Siap Berkolaborasi

Pemerintahan

Gala Dinner Bersama AAI, Danny Ajak Peserta Munas VI Hadiri F8

Pemerintahan

Makassar Kembali dilirik Perancis, Danny Pomanto Siap Buka Koneksi Networking

Pemerintahan

Diskominfo Gelar Forum OPD se-Sulsel

Pemerintahan

Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Pemerintahan

Warga Kelurahan Lembo Tallo Antusias Rayakan Hari Kebudayaan

Pemerintahan

Kepala Bappeda Makassar Andi Zulkifli Ajak Masyarakat Jaga Fasum