Home / Indonesiaku / Komunitas

Senin, 10 Januari 2022 23:25- WIB

Potret Dua Tahun Perjalanan Pandemi Covid-19 Dipamerkan di Pipo Mal

MAKASSAR, MERATA.NET- Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar resmi membuka pameran foto yang bertajuk “New Normal : Life After Pandemic” di Tokyo-Shibuya, Ground Floor, Phinisi Point (Pipo) Makassar, Senin (10/1/2022). Pameran ini berlangsung hingga 16 Januari mendatang.

Panitia Pameran, Moh Niaz Sharif mengungkapkan tujuan kegiatan ini selain menjadi program kerja dari PFI Kota Makassar, juga ingin ikut andil membantu pemerintah untuk mengedukasi serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait virus Covid-19 dan bagaimana perjalanan virus Covid-19 sampai pada hari ini New Normal.

“Jadi sebagai profesi kami sebagai fotografer kita mencoba membantu dengan visual,” kata Moh Niaz Sharif.

Dia juga mengaku selain menampilkan karya dalam bentuk foto, pada tanggal 14 Januari mendatang, pihaknya juga akan melakukan diskusi fotografi. Pematerinya dari komunitas fotografi.

“Nantinya akan ada diskusi dan pematerinya dari teman-teman komunitas fotografi disandingkan sama teman-teman jurnalis dengan mengangkat teman bagaimana peran fotografer di era pademi hari ini,” jelasnya.

Baca Juga  Kolaborasi PannaFoto Institute, Kurawal Foundation dan PFI Makassar Hadirkan Pameran Foto 'Kisah Senyap' di Rumata Art Space

Dia juga menambahkan pada pameran ini PFI Makassar juga menampilkan karya fotonya dalam bentuk buku dikarenakan tempat tidak cukup untuk menampilkan semua karya foto mereka

“Lebih banyak foto-foto yang di buku ketimbang yang dipamerkan karena persoalan tempat dan panel yang tidak mencukupi jadi yang di buku lebih banyak,” pungkasnya.

Pengunjung melihat berbagai foto yang dipamerkan di Pipo Mal, Makassar. Foto/Erick Didu

Dalam pameran PFI Makassar ini ada 26 fotografer jurnalis se Kota Makassar yang terlibat. Serta ada 600 foto namun dikurasi sehingga sisa 162 foto yang dipamerkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Mahyuddin yang membuka acara mewakili Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sangat mengapresiasi pameran foto yang digelar oleh PFI Makassar.

Mahyuddin mengatakan apa yang ditampilkan ini merupakan rangkuman yang diceritakan bagaimana awal masuknya Covid-19 di Kota Makassar yang dihasilkan oleh bidikan lensa kamera PFI Makassar.

Baca Juga  GAM Meminta Usut Tuntas Kematian Alm. Haidir

Mulai dari penanggulangan Covid-19, kehidupan sosial masyarakat serta bagaimana masyarakat beribadah dalam kondisi pandemi sampai bagaimana pemerintah turun untuk mengendalikan Covid-19.

“Ini memberikan gambaran bahwa sejarah Covid-19 bisa dirangkum dalam bentuk fotografi,” ucap Mahyuddin dalam sambutannya

Kegiatan ini juga, kata Mahyuddin, sebagai kegiatan untuk mengabadikan sejarah paling tidak kedepan anak cucu kita melihat bahwa ternyata Kota Makassar pernah ada musibah biologis yang terjadi.

“Inikan akan tersimpan secara digital maupun tersimpan dalam bentuk buku,” ujarnya.

Olehnya itu, Pemerintah Kota Makassar berharap kepada teman-teman pewarta foto agar tetap eksis menyampaikan berita dalam bentuk gambar (foto), tetap eksis memberikan masukan kepada pemerintah dalam bentuk gambar.

“Karena kejadian-kejadian atau hal-hal mereka bisa deskripsikan melalui gambar (foto) itu pasti akan membawa dampak atau memberikan masukan bagi pemerintah,” tandasnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

Komunitas

Wali Kota Makassar Laksanakan Doa Bersama Pengurus Masjid Se-Kota Makassar

Bisnis

Amartha Resmi Menjadi Tournament Supporter
FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023

Komunitas

Komaruddin Simanjuntak Akan Lantik Harpen Reza Ali Sebagai Ketua Pertina Sulsel

Indonesiaku

Vaksinasi PMK Tembus 58 ribu dosis, Dirjen Peternakan: Masih Ada Kepala Daerah yang Lamban

Komunitas

Wartawan Olahraga dan Forum Cabor Sulsel Akan Gelar Dialog Carut Marut Pengelolaan Olahraga di Sulsel

Indonesiaku

Binda Sulsel Sasar Warga Binaan Rutan Kelas IIB Sengkang Ikut Vaksinasi

Indonesiaku

Kapolda Sulsel Bersama Dirlantas Polda Gelar Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara 2023

Komunitas

Pemimpin Muda Berprestasi Berbagi Dalam Makassar Youth Leadership Summit 2023 di Nipah Park