Home / Indonesiaku / Komunitas

Senin, 10 Januari 2022 23:25- WIB

Potret Dua Tahun Perjalanan Pandemi Covid-19 Dipamerkan di Pipo Mal

MAKASSAR, MERATA.NET- Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar resmi membuka pameran foto yang bertajuk “New Normal : Life After Pandemic” di Tokyo-Shibuya, Ground Floor, Phinisi Point (Pipo) Makassar, Senin (10/1/2022). Pameran ini berlangsung hingga 16 Januari mendatang.

Panitia Pameran, Moh Niaz Sharif mengungkapkan tujuan kegiatan ini selain menjadi program kerja dari PFI Kota Makassar, juga ingin ikut andil membantu pemerintah untuk mengedukasi serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait virus Covid-19 dan bagaimana perjalanan virus Covid-19 sampai pada hari ini New Normal.

“Jadi sebagai profesi kami sebagai fotografer kita mencoba membantu dengan visual,” kata Moh Niaz Sharif.

Dia juga mengaku selain menampilkan karya dalam bentuk foto, pada tanggal 14 Januari mendatang, pihaknya juga akan melakukan diskusi fotografi. Pematerinya dari komunitas fotografi.

“Nantinya akan ada diskusi dan pematerinya dari teman-teman komunitas fotografi disandingkan sama teman-teman jurnalis dengan mengangkat teman bagaimana peran fotografer di era pademi hari ini,” jelasnya.

Baca Juga  177 Foto New Normal Siap Dipamerkan Pewarta Foto Indonesia Makassar

Dia juga menambahkan pada pameran ini PFI Makassar juga menampilkan karya fotonya dalam bentuk buku dikarenakan tempat tidak cukup untuk menampilkan semua karya foto mereka

“Lebih banyak foto-foto yang di buku ketimbang yang dipamerkan karena persoalan tempat dan panel yang tidak mencukupi jadi yang di buku lebih banyak,” pungkasnya.

Pengunjung melihat berbagai foto yang dipamerkan di Pipo Mal, Makassar. Foto/Erick Didu

Dalam pameran PFI Makassar ini ada 26 fotografer jurnalis se Kota Makassar yang terlibat. Serta ada 600 foto namun dikurasi sehingga sisa 162 foto yang dipamerkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Mahyuddin yang membuka acara mewakili Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sangat mengapresiasi pameran foto yang digelar oleh PFI Makassar.

Mahyuddin mengatakan apa yang ditampilkan ini merupakan rangkuman yang diceritakan bagaimana awal masuknya Covid-19 di Kota Makassar yang dihasilkan oleh bidikan lensa kamera PFI Makassar.

Baca Juga  PFI Makassar Siap Luncurkan Buku Foto Makassar New Normal, Wali Kota Danny: Rekam Visual Hadapi Pandemi

Mulai dari penanggulangan Covid-19, kehidupan sosial masyarakat serta bagaimana masyarakat beribadah dalam kondisi pandemi sampai bagaimana pemerintah turun untuk mengendalikan Covid-19.

“Ini memberikan gambaran bahwa sejarah Covid-19 bisa dirangkum dalam bentuk fotografi,” ucap Mahyuddin dalam sambutannya

Kegiatan ini juga, kata Mahyuddin, sebagai kegiatan untuk mengabadikan sejarah paling tidak kedepan anak cucu kita melihat bahwa ternyata Kota Makassar pernah ada musibah biologis yang terjadi.

“Inikan akan tersimpan secara digital maupun tersimpan dalam bentuk buku,” ujarnya.

Olehnya itu, Pemerintah Kota Makassar berharap kepada teman-teman pewarta foto agar tetap eksis menyampaikan berita dalam bentuk gambar (foto), tetap eksis memberikan masukan kepada pemerintah dalam bentuk gambar.

“Karena kejadian-kejadian atau hal-hal mereka bisa deskripsikan melalui gambar (foto) itu pasti akan membawa dampak atau memberikan masukan bagi pemerintah,” tandasnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Penjelasan Kasatlantas Polrestabes Makassar Terkait Perubahan Arus Lalin Kawasan CPI

Komunitas

Jurnalis Sulsel Bakal Helat Nobar Final Piala Dunia

Komunitas

PMI Makassar Beri Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Tallo

Indonesiaku

Sempat Alami Kebakaran, PELNI Pastikan KM Labobar Aman dan Lanjutkan Pelayaran

Indonesiaku

Densus 88 Berhasil Tangkap Dua Terduga Teroris Luwu Timur

Komunitas

Sasar Bulukumba, Andalan Mengaji Berbagi Mukenah dan Al-Qur’an di TPA, Masjid dan Pesantren

Indonesiaku

Plt Gubernur Sulsel : Tahun Ini Keamanan Gereja Katedral Makassar Lebih Ekstra

Komunitas

Tim Fun Football Kattikatti FC Open Member, Berikut Syaratnya untuk Bergabung