Home / Pemerintahan

Senin, 26 Februari 2024 20:56- WIB

Penggiat Smart Cities Amerika Helen Santiago Paparkan Dekarbonisasi Perkotaan di Rakorsus Pemkot Makassar

MAKASSAR, Merata.Net – Manajer Program Smart Cities Partnership (SCP) Amerika, Helen Santiago Fink memaparkan tiga cara penting dekarbonisasi di Makassar.

Dalam materi yang disampaikannya, Helen menyebut ada tiga metode penting dalam upaya menurunkan emisi karbon khususnya di wilayah perkotaan.

Untuk menerapkan dekarbonisasi di perkotaan perlunya tata kelola multi-tingkat dan kemitraan lintas disiplin merupakan hal yang mendasar.

Pasalnya secara kolektif bertujuan untuk mendorong sistem perkotaan yang berkelanjutan dan berketahanan serta memajukan aksi iklim pada skala regional, nasional, dan sub-nasional/kota.

Dia menyebut, gerakan dan aksi dekarbonisasi dapat dimulai dengan melakukan Pendanaan Iklim. Hal itu untuk memastikan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan memiliki sumber daya yang memadai untuk penelitian dan inovasi, infrastruktur berkelanjutan/rendah karbon, produk dan layanan ekologis di pasar.

Baca Juga  Kepala Bappeda Makassar Sebut Visi Misi Calon Wali Kota 2024-2029 Harus Mengacu RPJPD Pemkot

Kedua, mendirikan Bangunan Ramah Lingkungan. Langkah itu untuk mengatasi tren urbanisasi dan mendorong desain dan konstruksi untuk mengurangi karbon operasional dan karbon yang terkandung di dalamnya.

Aspek akhir ialah Ekonomi Sirkular. Ini kata dia, untuk mendorong pemulihan sumber daya dan mengoptimalkan aliran limbah.

“Misalnya limbah elektronik untuk menangkap mineral tanah. Limbah makanan untuk menghasilkan energi, pupuk organik, dan bioplastik,” kata Helen pada sela-sela pembukaan Rakorsus Pemkot Makassar 2024, Senin, (26/02/2024).

Baca Juga  Resolusi 2024, Danny Pomanto Prioritaskan Konservasi Energi dan Energi Hijau di Makassar

Di samping itu, kerja sama untuk ekosistem dan infrastruktur, semisal adanya taman atau pasar dengan inovasi ramah lingkungan merupakan satu hal yang penting.

Kedepannya, tekan dia, Pemkot Makassar dan pusat harus bekerjasama dengan mitra multi-sektor untuk memajukan dan melaksanakan agenda iklim dengan komitmen nyata terhadap keberlanjutan dan sirkularitas ekonomi perkotaan.

Langkah itu dilalui dengan penguatan inovasi, struktur tata kelola dan investasi, sekaligus membangun kapasitas untuk mengoptimalkan multi sektor. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Implementasi Germas, Tekan angka Stunting di Kota Makassar

Pemerintahan

Perkuat Lokalitas Makassar, Danny-Fatma Hadirkan Program Lokal

Pemerintahan

Kagumi Potensi Pulau Sembilan, Pj Gubernur Sulsel Ajak Forum CSR Salurkan Bantuan

Pemerintahan

Perumda Pasar Karya, Tim DP2 Kota Makassar Uji Sampel Produk Olahan di Pasar Terong dan Pabaeng-baeng

Pemerintahan

Anniversary Pernikahan ke 29, Walikota Makassar Ungkap Rasa Syukurnya Didampingi Indira Yusuf Ismail

Pemerintahan

Dinkes Kota Makassar Lakukan Pertemuan Evaluasi Tracer COVID-19

Pemerintahan

Buka Puasa Bersama, Pj Gubernur Bahtiar Silaturahmi dengan Influencer dan Konten Kreator Sulsel

Pemerintahan

Gubernur Sulsel Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Uwais Al-Qarni Palopo