Home / Pemerintahan / Pendidikan

Kamis, 16 November 2023 16:42- WIB

Pemprov Sulsel Bangun Sekolah Vokasi Budidaya Pisang di Bone

MAKASSAR, Merata.Net – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan membangun SMK Hortikultura Spesifik Budidaya Pisang di Kabupaten Bone. Pembangunan sekolah vokasi ini dianggarkan Rp15 miliar.

“Pak Kadis (Pendidikan Sulsel) sudah saya instruksikan siapkan uang Rp15 miliar tahun depan untuk membangun SMK Holtikultura Spesifik Pisang di Bone,” kata Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat menghadiri Launching Berjuta Bibit Pisang Cavendish, di Universitas Hasanuddin, Kamis, (16/11/2023)

“Kita juga bisa melahirkan miliarder pisang dari lulusan SMK, mereka cukup umur 19 tahun saja. Saya akan bikin SMK, Insya Allah tahun depan, satu-satunya dan pertama di Indonesia. Ada di Sulawesi, spesifik untuk budidaya pisang,” ujarnya.

Baca Juga  PSM Makassar Perpanjang Kontrak Kenzo Nambu

Ia menuturkan, sejatinya dunia pendidikan, baik sekolah maupun kampus dapat melatih kemampuan bernalar untuk memperbaiki lingkungan alam dan mengubah untuk kemaslahatan serta kemanfaatannya untuk manusia.

Sementara, Kadis Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin, menjelaskan terkait rencana ini, untuk memastikan pengembangan budidaya pisang berkembang di Sulsel.

“Jadi konsepnya itu sekolah vokasi, tapi program studinya itu budidaya pisang sebagai program studi andalannya,” jelasnya.

Sekolah ini akan dibangun awal tahun 2024, dan lahannya sudah disiapkan. Selain memiliki ruang kelas, juga ruang prasarana prakteknya, laboratorium untuk kulturnya dan ada lahan untuk pembibitannya.

“Satu kompleks sekolah,” ujarnya.

Baca Juga  Apel Besar Lingkup Pemprov Sulsel, Gubernur Sulsel Tekankan ASN BerAKHLAK

Pisang cavendish ini punya nilai ekonomi bisnis yang bagus. Hadirnya SMK ini untuk mengawal bagaimana budaya pisang berkembang.

Lanjutnya, tenaga pengajar akan direkrut dari guru sesuai program studi yang ada dari latar belakang pertanian. “Dari latar belakang yang paham. Kami juga akan kerjasama dengan Unhas, karena di sini sudah berjalan,” ujarnya.

Hal yang telah dipersiapkan termasuk sosialisasi akan hadirnya sekolah vokasi ini.

“Bulan ini telah dipersiapkan informasinya akan ada sekolah ini. Sehingga sudah bisa melihat potensi siswa didik yang akan masuk untuk tahun 2024/2025. Karena sekolah ini dibangun tahun depan,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bappeda Makassar Godok Program RPJPD 2025-2045

Pemerintahan

Hadiri Jalan Sehat Restorasi Partai NasDem, Danny Pomanto Sumbang Satu Unit Mobil

Pemerintahan

Pemkot Makassar Berhasil Dapatkan WTP, Danny Pomanto:Usaha Bersama Butuh Konsistensi

Pendidikan

Yayasan Hadji Kalla Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium di Kampus UIM Al-Gazali

Indonesiaku

Estafet Peduli Bumi Asuransi Astra Berikan
Edukasi Safety Riding Kepada Para Pelajar di SMKN 7 Makassar

Pemerintahan

Bertemu President of Chamber Association USA, Wali Kota Danny Paparkan Kesiapan Makassar Menjadi Payung Percepatan Ekonomi

Pemerintahan

Danny Minta Dewas dan Direksi Perusda Fokus Maksimalkan PAD

Pemerintahan

Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso Dukung Budidaya Pisang Cavendish, Sejalan Program Pesantren