Home / Teknologi

Sabtu, 24 Februari 2024 06:31- WIB

Operator Layanan Telekomunikasi Indonesia Luncurkan Layanan API GSMA Open Gateway

JAKARTA, Merata.Net – Sebagai bagian dari penerapan inisiatif global GSMA Open Gateway, empat operator telekomunikasi di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface (API) antara lain Number Verify, SIM Swap, dan Device Location.

Layanan API ini difokuskan dalam memberikan peningkatan keamanan dan pengalaman pelanggan.Inisiatif GSMA Open Gateway merupakan sebuah kerangka kerja API jaringan umum yang dirancang untuk memberikan akses universal kepada perusahaan developer ke jaringan operator.

Standarisasi ini akan membantu developer untuk mempercepat pertumbuhan layanan digital dan aplikasi bagi pelanggan dengan memastikan sistem jaringan API mereka dapat berfungsi dengan lancar ke jaringan operator di Indonesia dan ratusan operator lainnya di seluruh dunia.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Soon Nam mengatakan, upaya bersama ini selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan terobosan melalui inovasi pemanfaatan teknologi terkini yang semakin berkembang dalam mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia dan kemajuan ekonomi berbasis teknologi.

Baca Juga  Maknai HUT ke-78 RI: Telkomsel Konsisten Jadi Terdepan sebagai Penggerak Pertumbuhan Ekosistem Digital untuk Indonesia Maju

Inisiatif antara perusahaan Telekomunikasi Indonesia ini bertujuan untuk membangun interkoneksi antar operator yang dapat memberikan dampak kemajuan industri telekomunikasi, sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan melalui platform dan layanan digital yang akan semakin mendorong kemajuan bangsa.

Inisiatif bersama ini juga sekaligus menandai komitmen kami dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik kepada pelanggan, serta mendorong transformasi digital lintas industri yang merupakan salah satu faktor penentu dalam membantu pelaku bisnis untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman dan akurasi untuk layanan seperti aplikasi pengiriman, yang juga dapat mencegah manipulasi GPS dan aktivitas penipuan.

Pemanfaatan inisiatif GSMA Open Gateway ini sangat berguna untuk mengembangkan berbagai solusi. Dengan hadirnya kolaborasi bersama ini, seluruh operator diharapkan dapat berkontribusi mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia secara berkelanjutan, serta mampu menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat melalui beragam solusi yang lebih cepat, aman, dan mudah dalam mendukung gaya hidup digital serta adopsi teknologi terkini.

Baca Juga  XL Axiata Business Solutions Menghadirkan Solusi Internet of Things (IoT) Smart Health Care Deteksi Kebugaran

Inisiatif GSMA Open Gateway diluncurkan pada Februari 2023 oleh industri operator seluler dan GSMA – sebuah asosiasi global yang menyatukan operator seluler, perusahaan teknologi, dan industri terkait. Sebanyak 42 kelompok operator seluler di seluruh dunia, mewakili 237 jaringan seluler dan 65% koneksi seluler global, kini menjadi bagian dari inisiatif GSMA Open Gateway.

Kerangka open-source ini memastikan akses yang konsisten dan dapat dioperasikan ke jaringan seluler melalui repositori CAMARA berbasis standar, sebuah proyek Linux Foundation yang bertujuan untuk mendefinisikan, mengembangkan, dan menguji API.

Upaya kolaboratif ini oleh operator Indonesia bertujuan untuk memberikan manfaat tambahan bagi masyarakat, mendorong pertumbuhan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, serta berkontribusi pada kemajuan ekosistem digital nasional

Share :

Baca Juga

Teknologi

Ada Cara Baru Belajar Mengaji dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Bisnis

Jelang Pencatatan Saham di BEI, GoTo Alokasikan Dana Hingga
Rp310 Miliar untuk Mitra Pengemudi

Bisnis

Kalla Toyota Luncurkan New Corolla Cross GR, Sporty dan Fun to Drive untuk Penggemar GR

Teknologi

Telkomsel Orbit Tumbuh 10 Kali Lipat, Makin Dipercaya Sebagai Internet Rumah Serba Digital

Teknologi

Upgrade Layanan 3G ke 4G/LTE Dilanjutkan di Makassar dan Bone, Telkomsel Terus Imbau Pelanggan Beralih ke 4G/LTE

Pemerintahan

Lomba Inovasi Lingkup Pemeritah Sulsel, Bapenda Mobile Masuk 10 Besar

Bisnis

Kementerian Kominfo RI Dukung Telkomsel untuk Tuntaskan Target Upgrade Seluruh Jaringan 3G ke 4G/LTE Hingga Akhir Tahun

Pemerintahan

Perkuat Lokalitas Makassar, Danny-Fatma Hadirkan Program Lokal