Home / Bisnis / Ekonomi

Rabu, 2 Februari 2022 21:59- WIB

Menuju 70 Tahun KALLA; Aktif Bersama dan Maju Bersama

Solihin Jusuf Kalla, President Director Kalla Group.

Foto/Ist

Solihin Jusuf Kalla, President Director Kalla Group. Foto/Ist

MAKASSAR, MERATA.NET – Tahun ini, KALLA memasuki usia ke-70 tahun. Hingga kini KALLA terus aktif bersama dan maju bersama bangsa menumbuhkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan untuk Indonesia emas. 

KALLA kini memasuki generasi keempat dengan kondisi unit bisnis yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Kalla Toyota, Kalla Kars, Kalla Transport & Logistics, Kalla Lines, PT. Bumi Karsa, Kalla Inti Karsa, Kalla Aspal, Kalla Beton, Baruga Arinusa Development, Sekolah Islam Athirah, Institut Teknologi & Bisnis Kalla, PLTA Poso Energy, Bumi Mineral Sulawesi dan Malea Hydropower. 

“Tahun ini adalah tahun yang bersejarah buat Kalla Group. Insyaallah di Oktober nanti, usia Kalla Group sudah 70 tahun. Secara perusahaan, Kalla Group sudah matang dan berjalan sudah dari generasi ke generasi,” ungkap Solihin Jusuf Kalla, President Director Kalla Group.

Solihin merupakan generasi keempat di KALLA yang memimpin perusahaan sejak 2018. Ia mengungkapkan, setiap generasi pun selalu diawali dengan krisis, mulai dari Hadji Kalla ke Jusuf Kalla yang diterpa krisis 1965-1966 dan kepemimpinan Fatimah Kalla pada krisis 1998. Kemudian, Solihin sendiri menghadapi krisis pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah semuanya bisa keluar dan membuktikan bahwa ekonomi Sulawesi Selatan adalah ekonomi yang kuat dibandingkan daerah lain. Terima kasih kepada teman-teman media yang senantiasa memberikan berita positif untuk perusahaan dan ekonomi di Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Hariyadi Kaimuddin selaku Marketing & Business Development Director Kalla Group, mengungkapkan sejak awal KALLA didirikan, Spiritnya adalah maju bersama masyarakat. KALLA memiliki banyak unit bisnis, tetapi semuanya bermula dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah di masyarakat. 

Misal, dulu transportasi masih sangat sulit ditemukan, maka KALLA mencari kemudahan untuk transportasi dengan mendirikan NV Hadji Kalla (PT Hadji Kalla) yang menjual mobil Toyota. Setelah itu, untuk kenyamanan bertransportasi, KALLA kembali membantu dengan menghadirkan perusahaan yang bisa membangun jalan melalui PT Bumi Karsa.

Baca Juga  Kalla Lines Catat Distribusi Kendaraan 48.108 Unit Rute Jakarta-Makassar

“Dari generasi ke generasi, perusahaan pun terus bertambah. Namun, bukan sekadar mau dapat untung, melainkan untuk mempelajari dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Semuanya pun related dengan bisnis yang ada. Kita sudah punya perusahaan konstruksi jalan, maka kita butuh bahan bakunya, didirikanlah PT Bumi Sarana Utama (Kalla Aspal),” ungkap Hariyadi. 

Seiring dengan bertambahnya karyawan, KALLA lalu membangun perumahan. Dengan keahlian tersebut, KALLA selanjutnya ingin memberikan perumahan terbaik juga buat masyarakat, maka lahirlah Bukit Baruga. Perusahaan ini pun terus tumbuh berkembang dan bekontribusi untuk masyarakat. 

“Ada juga sekolah dari TK sampai perguruan tinggi karena kita percaya bahwa pendidikan adalah salah satu motor utama masayarkat untuk bisa maju. Kemudian, ada juga perusahaan energi listrik. Seperti itulah bisnis yang menjadi values dari KALLA, bagaimana bisa membantu masyarakat. Kita juga menjawab kebutuhan masyarakat yang waktu itu Makassar sudah menjadi kota maju, tetapi belum memiliki mal. Makanya kita bikin mal pertama di Indonesia Timur, yaitu Mal Ratu Indah. KALLA selalu ada keinginan melayani masyarakat untuk tumbuh bersama,” tutur Hariyadi.

Sejak dulu, seluruh jiwa KALLA berfokus pada energi untuk memberi yang terbaik untuk bangsa. Menyejahterakan masyarakat dengan semangat berkarya dari Timur untuk Indonesia. KALLA tidak hanya hadir sebagai grup perusahaan, namun tumbuh bersama masyarakat dengan integritas untuk berkarya. Berpegang teguh pada lima pilar utama Jalan KALLA, yakni Kerja Ibadah, Apresiasi Pelanggan, Lebih Cepat, Lebih Baik dan Aktif Bersama. 

Sejalan dengan Jalan KALLA, Aktif Bersama dan Maju Bersama membawa semangat kolaborasi dan sinergi yang telah membawa KALLA hingga kini mampu bertahan hingga 70 tahun lamanya. Kolaborasi dan sinergi semakin relevan dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis dan beragam,.

Baca Juga  Abdel dan Temon Meriahkan Family Gathering 70th KALLA

Mengacu pada desain logo 70 tahun KALLA, angka “7” sendiri melambangkan anak panah yang terus melesat untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan dan impian KALLA dalam membangun bangsa. Anak panah ini juga melambangkan salah satu nilai nilai Lebih Cepat-Lebih Baik dari nilai Jalan KALLA yang berarti semangat inovatif-solutif dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Anak panah yang diletakann dipinggir/samping angka “0” menunjukkan bahwa setiap langkah dan dan aktivitas yang dilakukan oleh KALLA senantiasa membawa visi dan misi yang besar dan mulia bagi kesejahteraan bangsa.

Kemudian, angka “0” melambangkan visi dan misi KALLA yang telah menjadi arus utama setiap perusahaan dalam bergerak dan bertumbuh. Visi dan misi ini kemudian diformulasikan bahwa KALLA terus berproses menjadi kelompok bisnis terbaik di Indonesia dan menjadi panutan dalam pengelolaan bisnis yang profesional dan berkelanjutan. Angka “0” dibuat lebih tinggi menandakan bahwa KALLA mempunyai tujuan besar dan mulia bagi kesejahteraan bangsa.

ementara itu, Achmad Sugiarto selaku Chief Strategy and Technology Officer Kalla Group mengungkapkan, saat ini mengembangkan sebuah sistem cloud digital dengan spirit Aktif Bersama Maju Bersama. Sistem ini hadir memberikan beragam kemudahan untuk berbagai lini bisnis dibawah naungan Kalla Group dan dapat digunakan oleh industri yang membutuhkannya.

“Cloud digital ini dalam roadmap, memberikan peran penting dalam pengembangan minimal 7 ekosistem Kalla Group. Saat ini, bahkan beragam solusi untuk industri juga telah kami siapkan, baik infrastruktur juga solusi seperti manajemen Human Capital, Enterprise Risk Management, Internal Audit System, hingga Quality Heathy Safety Environment,” ungkap Achmad Sugiarto. (*)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Jamin Ketersediaan Sparepart di Indonesia Timur, Isuzu Resmikan Part Depo Makassar

Ekonomi

Pantau Harga Bahan Pokok, Gubernur Sulsel Sambangi Pasar Sentral Malino

Bisnis

Gencarkan Sosialisasi Kenaikan Tarif,
Gojek Terus Optimalkan Dukungan Bagi Mitra Driver

Bisnis

Telkomsel dan Mitratel Lanjutkan Aksi Korporasi Penambahan Pengalihan Kepemilikan 6.000 unit Menara Telekomunikasi

Bisnis

Rangkaian HUT 70 Tahun, KALLA Apresiasi Sosok Inspiratif Bagi Bangsa

Bisnis

United E-Motor Hadirkan Test Ride Motor Listrik Gratis Bagi Pengunjung CPI

Bisnis

HUT ke-65 Bernuansa Sulawesi, Astra Rangkaikan Hari UMKM dan Hari Kemerdekaan RI ke-77

Bisnis

IndiHomeTV Perkuat Kolaborasi Strategis Bersama Pelaku Industri Kreatif Tanah Air, RANS Entertainment dan Taulany TV