Home / Indonesiaku / Komunitas

Sabtu, 19 Februari 2022 15:43- WIB

Kalla Group Gelar Webinar, Kenali Gejala dan Penanganan Omicron

Makassar, Merata.Net – Kasus positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus bertambah. WHO mengkonfirmasikan bahwa varian Omicron jauh lebih menular dibanding varian lainnya. Berdasarkan hal tersebut, Kalla Group Gelar Live Webinar Kesehatan *Sinergi Atasi Covid-19* dengan tema pembahasan “Mengenali Gejala & Cara Penanganan Omicron” Sabtu, (19/2/2022).

Covid-19 varian omicron dikatakan menimbulkan gejala yang ringan. Hal ini membuat banyak orang yang terinfeksi mengabaikan gejala dan tidak menyadarinya. Meski gejala yang dialami pengidap Covid-19 Omicron terbilang ringan, namun varian ini berpotensi mengganggu sistem kesehatan karena sifatnya yang mudah menular. 

Sehingga masyarakat harus memperkuat sistem imun tubuh dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menekan laju penularan varian ini. Gaya hidup baru dengan menerapkan penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak akan menjadi norma masyarakat untuk waktu yang lama, bahkan bila kasus COVID-19 sudah minim.

Kepala Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK UNHAS, dr. Arif Santoso, Sp.P(K), Ph.D, FAPSR menjelaskan bahwa peningkatan sistem surveilans dan mengimplementasikan karantina yang terpusat dan terpantau akan lebih baik bagi masyarakat.

Baca Juga  Kalla Toyota Serahkan CSR 2 Unit Toyota Avanza ke Kodam XIV Hasanuddin

“Jika gejala ringan, isolasi dapat dilakukan secara mandiri di rumah, masing-masing atau secara terpusat, namun pemeriksaan awal sebaiknya dilakukan di fasilitas, pelayanan kesehatan terdekat untuk menentukan layak tidaknya isolasi mandiri, nanti dalam kunjungan berikutnya bisa dilakukan melalui telemedicine” tambahnya.

Selain itu dr. Arif juga memaparkan bahwa vaksin yang ada saat ini, masih efektif untuk mengatasi berbagai varian covid-19, namun bukan jaminan masyarakat tidak akan terkena lagi oleh virus ini.

“Kita harus senantiasa meningkatkan pertahanan tubuh dengan berolahraga, memakan makanan bergizi, dan mengomsumsi vitamin, serta mendapatkan sinar matahari yang cukup,” ungkapnya.

Dampak virus covid-19 tidak hanya dirasakan saat terkena saja, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang bagi penyintas terutama yang memiliki kebiasaan buruk sehari-harinya, sehingga penting bagi masyarakat untuk benar-benar menjaga diri agar tidak tertular dari penyakit covid-19, dan bagi penyintas untuk mulai menjalankan gaya hidup yang sehat. 

Baca Juga  Tiga Program Studi Kalla Institute Raih Akreditasi Baik dari Asesor BAN PT

People and Process Director Kalla Group, Disa Rizky Novianty juga mengajak seluruh Insan Kalla untuk senantiasa menjaga kesehatan terlebih lagi karena penularan virus ini sangat cepat.

“We are save when everyone is save, kita tidak akan benar-benar aman hingga virus ini sudah tidak ada lagi, yang terpenting adalah kita mematuhi prokes dengan baik dan menjaga diri agar tidak stres ataupun depresi,” tambahnya.

Webinar kesehatan ini berlangsung melalui zoom dan disiarkan secara langsung pada akun Youtube Kalla Group. Ketertarikan insan kallapun dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang didiskusikan saat webinar berlangsung. Stay Safe, Stay Healthy. (*)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Penerapan Aplikasi Samsat Digital Nasional di Sulsel Peringkat 11 dari 34 Polda di Indonesia

Indonesiaku

FOTO: Aksi Akbar Bela Palestina di Monumen Nasional

Indonesiaku

Respon PMI Erupsi Semeru, Kirim Bantuan Logistik dan Personel

Indonesiaku

Sepekan Operasi Zebra Pallawa 2022 Jaring 3.542 Pelanggar

Komunitas

Digelar Persatuan Golf Indonesia Sulsel, Atlet Mancanegara Siap Unjuk Gigi di SSAO 2023

Indonesiaku

FOTO : Indahnya Balaikota Makassar di Senja Hari

Bisnis

Perkuat Rasa Kekeluargaan, Travel Prima Unggul Global Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Agen serta Pelanggan Setianya

Indonesiaku

POLRI Bakal Gelar Operasi Patuh 2023 Serentak, Ini Jadwalnya