Home / Bisnis / Ekonomi

Jumat, 1 Desember 2023 15:45- WIB

BPS: Inflasi Sulsel Tercatat 2,79 Persen, Dibawah Rata-Rata Nasional

Ilustrasi.

Ilustrasi.

MAKASSAR, Merata.Net – – Badan Pusat Statistik mencatat Inflasi di Provinsi Sulawesi Selatan tercatat mengalami penurunan.

Data terbaru BPS Sulsel, Jum’at 1 Desember 2023, mencatat inflasi Year on Year (YoY) di bulan November 2023 tercatat 2,79 persen. Sementara inflasi bulan ke bulan ( November 2023 terhadap Oktober 2023) tercatat 0,16 persen.

“Inflasi YoY bulan November 2023 di Sulsel tercatat sebesar 2,79 persen, lebih rendah dibanding inflasi bulan Oktober 2023 sebesar 2,89 persen,” kata Kepala BPS Sulsel, Aryanto.

Bahkan angka inflasi Sulsel lebih rendah dibandingkan Nasional. “Inflasi YoY bulan November 2023 sebesar 2,79 persen lebih rendah dibandingkan inflasi nasional 2,86 persen. Inflasi di Sulsel bulan November 2023 juga sesuai target nasional 3 ± 1 persen,” sebutnya.

Baca Juga  Jadwal PSM Makassar Melawan Barito dan Sleman Berubah

Penjabat Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad mengatakan, “inflasi kita bisa tetap turun dan terkendali, mengingat upaya yang sudah dilakukan selama ini telah terkoordinasi dengan baik, terkonsolidasi dengan baik,” katanya.

Lanjutnya, “kita tidak boleh lengah, karena bisa saja berubah, olehnya itu tetap rutin kontrol pengecekan harga melalui panel harga untuk memastikan harga-harga pangan kita khususnya komoditi penyumbang inflasi dalam tatanan wajar dan terkendali,” imbuhnya.

Baca Juga  Bukit Baruga hadir di Pameran REI-Panin dengan Promo Spesial untuk Konsumen

Sementara itu, Kepala Biro Ekbang Setda Sulsel, Junaedi menyampaikan, bahwa TPID Sulsel terus melakukan langkah-langkah dalam pengendalian inflasi di Sulsel.

Menurutnya, angka inflasi itu untuk pertama kali selama 5 tahun terakhir yang terendah di Indonesia.

“Hal tersebut menjadi harapan Bapak Penjabat Gubernur sejak awal yntuk menargetkan agar inflasi dibawah rata-rata Nasional. Salah satu kebijakan bapak Penjabat Gubernur dengan rutin melakukan pemantauan harga dan stok di pasar-pasar. Termasuk dalam gerakan pangan murah yang telah dilakukan Pemprov Sulsel,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Telkomsel Tambah Varian Paket Voucher Fisik Internet Mulai dari Rp8 Ribu

Bisnis

HIPMI Sulsel Helat Business Coaching Sambil Buka Puasa Bareng Anak Panti

Bisnis

Utamakan Sinergitas, DPP Apindo Sulsel Gelar Konsolidasi Pengurus

Bisnis

Toys Kingdom bersama Hot Wheels Boyong Finalis 10 Besar Hot Wheels Legends Tour Dunia 2022 ke Gelaran IIMS 2023

Bisnis

Pacu Dekarbonisasi di Industri Pupuk, PKT Targetkan Penekanan Emisi Karbon Hingga 38% di 2040

Bisnis

Nippon Oil Rilis Resmi Produk Unggulan Eneos X Series X

Bisnis

Sambut Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022,
GoFood Luncurkan Mode Hemat

Bisnis

Kalla Toyota Serahkan 1 Unit Motor Benelli Panarea ke Pemenang Test Drive and Win