Home / Pendidikan

Kamis, 19 Oktober 2023 08:56- WIB

Tim Pengabdian FKIP UNKHAIR Gelar Pendampingan Pengembangan Instrumen Multirepresentasi Berbasis Seluler di SMAN 4 Ternate

TERNATE, Merata.Net – Tim Pendampingan Pengembangan Multipresentation Mobile Based Assesment untuk program merdeka belajar dan Literasi Guru menggelar kegiatan di SMA Negeri 4 Ternate, Jl Batu Angus Dufa-dufa, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri 15 peserta yang terdiri dari guru Fisika, Matematika, dan Kimia. Materi pelatihan meliputi multirepresentasi serta intrumen multirepresentasi, dan pengembangan instrument tes multirepresentasi dengan menggunakan google form.

“Merdeka Belajar merupakan program yang dicanangkan pemerintah pusat dalam dunia pendidikan untuk mempersiapkan siswa agar menguasai kecakapan abad ke-21.
Salah satu program yang dicanangkan adalah pelaksanaan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional dimana di dalamnya terdapat soal literasi dan nuerasi dimana soal disajikan dalam berbagai bentuk representasi atau multirepresentasi seperti representasi verbal, grafik, bagan, serta nominal,” ujar ketua tim Dewi Amiroh.

Baca Juga  Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78, SMP Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Lomba Parade Menggunakan Pakaian Daur Ulang

Dosen Fisika di Universitas Khairun Ternate itu melanjutkan, Siswa perlu diperkenalkan dan dilatih soal dengan bentuk multirepresentasi agar terbiasa dan mampu mengerjakan soal asesmen nasional nantinya.

Baca Juga  Sambut Temu Pendidik Nusantara 9, Kadis Pendidikan Kota Makassar Serukan Merdeka Belajar di Ruang Kelas

“Untuk memperkenalkan dan melatihkan soal multirepresentasi, maka diperlukan guru yang kompeten untuk mengambangkannya,” ucapnya.

Dari pelatihan ini, guru harus memiliki literasi teknologi yang mumpuni, berupa mampu dalam mengembangkan soal atau melakukan penilaian dengan perangkat elektronik atau mobile based assessment.

“Hal ini diperlukan karena siswa dan guru masa kini perlu menguasai kemampuan abad ke-21 dan salah satunya yaitu cakap atau mampu akan literasi teknologi,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Indonesiaku

Telkomsel Poin Gelar Donasi Digital, Ajak Pelanggan Buka Peluang Ratusan Pelajar Indonesia Lanjutkan Sekolah

Pemerintahan

Lestarikan Bahasa Daerah, Gubernur Sulsel Raih Penghargaan

Ekonomi

BCA Berbagi Ilmu Hadirkan Kuliah Umum “Resilience in the Era of Uncertainty” Bagi 600 Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Pendidikan

Kedubes Australia di Jakarta Merayakan Hari Literasi Internasional

Olahraga

Dunia Harapan School Cup II 2023 Dibanjiri Peserta, Pertandingkan 11 Cabang Olahraga dan Seni

Pendidikan

Kasubag Teknis KPU Sulsel Paparkan Peran Media Digital Terhadap Partisipasi Pemilih

Pemerintahan

66 Tahun Unhas, Gubernur Sulsel: Kita Dorong Jadi Pusat Riset Energi Terbarukan

Pemerintahan

Kampus Swasta Wilayah Sultanbatara Dukung Program Budidaya Pisang Cavendish, Penanaman Perdana di Lahan Unibos