Home / Internasional / Olahraga

Rabu, 22 Desember 2021 09:23- WIB

Semifinal AFF Suzuki Cup 2020 : Indonesia Siap Lewati Adangan Singapura

Selebrasi Witan Sulaiman dan Pratama Arhan saat mencukur Malaysia 4-1. Foto/PSSI

Selebrasi Witan Sulaiman dan Pratama Arhan saat mencukur Malaysia 4-1. Foto/PSSI

MAKASSAR, MERATA.NET- Timnas Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B. Tim Garuda mendulang 10 poin, unggul selisih gol atas Vietnam yang berada di urutan kedua.

Pada babak empat besar, Timnas Indonesia akan berduel dengan tuan rumah Singapura yang berstatus runner-up Grup A. Duel kedua tim bakal berlangsung dalam dua leg, yakni (22/12/2021) dan (25/12/2021) di National Stadium, Kallang, Singapura.

Diatas kertas Indonesia lebih diunggulkan pada laga semifinal melawan Singapura. Berstatus juara Grup B, Indonesia berhasil menang 4-2 atas Kamboja, kemudian hancurkan Laos 5-1. Tahan imbang tanpa gol dengan favorit juara Vietnam, Tim Garuda kemudian mempermalukan Malaysia dengan skor 4-1 dalam laga terakhir Grup B.

Sementara itu Singapura di Grup A di babak penyisihan berhasil melewati hadangan, Timor Leste, Filipina serta Myanmar, kekalahan hanya dirasakan melawan Thailand.

Baca Juga  Dua Kali Pecundangi Curacao di FIFA Matchday, Ranking Indonesia Melesat

Untuk urusan gol, Timnas Indonesia tercatat sudah mencetak 13 gol dalam empat pertandingan di babak penyisihan grup meski kebobolan empat gol. Artinya, Timnas Indonesia memiliki rata-rata 3,25 gol di setiap pertandingannya.

Elkan Baggott merayakan golnya ke gawang Malaysia di babak penyisihan Grup B AFF Suzuki Cup 2020. Foto/PSSI

Jumlah itu jauh melebihi Singapura sebagai tuan rumah yang hanya mengoleksi tujuh gol di empat laga. Gawang mereka juga sudah kebobolan tiga gol. Catatan ini akan menjadi modal berharga bagi tim Merah-putih.

Jepang laga, Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, sesumbar sudah mengantongi kelemahan Timnas Indonesia jelang bentrok kedua tim di semifinal Piala AFF 2020.

“Saya sudah membuat rencana spesifik. Kami telah menemukan titik lemah mereka dan punya solusi  untuk mengatasi gaya main Timnas Indonesia,” kata Yoshida, dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan, seperti dikutip dari Zing, Selasa (21/12/2021). 

Baca Juga  Bola Resmi Piala Dunia 2022 Al Rihla Diproduksi di Madiun

“Kami tak akan membocorkan lebih banyak, hanya mau bilang kami akan berusaha mengurangi kesalahan untuk mengalahkan mereka dengan permainan tim.” 

Sementara itu, Shin Tae-yong menganggap partai kontra Singapura seperti final Piala AFF 2020.

“Mulai dari partai ketiga melawan Vietnam lalu Malaysia, juga di semifinal dan final Piala AFF, semua pertandingan kami anggap final,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual sebelum bertanding, Selasa (21/12/2021).

“Saya selalu memberikan motivasi kepada para pemain muda. Saya tegaskan kepada para pemain harus bekerja keras dan bermain maksimal dalam setiap pertandingan,” jelas Shin Tae-yong. (*)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Copa del Rey : Bilbao Singkirkan Madrid Secara Dramatis

Internasional

Debut Pertama Carrick Latih MU Menang di Liga Champions

Olahraga

Lawan Bekas Klubnya PSM, Klok Incar Kemenangan Perdana Persib

Olahraga

Jelang Pekan Ketiga Menjamu Persija, Dirut PSM: Tanpa Tiket Jangan Datang

Indonesiaku

Timnas Putri Raih Kemenangan Kedua di Piala AFF U18

Olahraga

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Siap Beri Kejutan Lawan Irak

Olahraga

Laga Playoff Timnas U-23 vs Guinea Digelar Tertutup

Olahraga

Lagi Bagusnya, Borneo FC Akhiri Kerjasama dengan Coach Milo