Home / Pendidikan

Jumat, 3 November 2023 22:29- WIB

Rektor UNY Terima Kunjungan Prodi BK STKIP Andi Matappa Pangkep

Makassar, Merata.Net – Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) STKIP Andi Matappa sukses melaksanakan kunjungan kolaborasi ke Univertsitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kegiatan dilaksanakan mulai di PT SEVIMA Surabaya kemudian lanjut Prodi BK UM Malang dan Prodi BK UNY Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 3 November 2023. Diikuti mahasiswa program studi BK sebanyak 52 orang mahasiswa dan didampingi 10 Dosen dan Staf STKIP andi Matappa.

Di UNY, pihak prodi BK STKIP Andi Matappa diterima langsung oleh Prof Sumaryanto.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan bekal mahasiswa dalam melihat dunia kerja di PT Sevima dan dunia akademik di perguruan tinggi di luar pulau Sulawesi yaitu UNY Yogyakarta dan UM Malang, agar mahasiswa memiliki gambaran keberlanjutan jenjang karir, kemudian kesiapan memasuki dunia karja serta prospek kerja dan di sebuah Perusahaan termasuk sebagai seorang pendidik atau akademisi setelah selesai dapat melanjutkan studinya di perguruan tinggi lain.

Kunjungan dimulai di PT Sevima berkantor di Surabaya dengan sarasehan atau sharing session with human capital sevima dalam bentuk kuliah tamu oleh unsur direksi sevima. Kegiatan sarasehan ini memberikan informasi tentang profil SEVIMA, serta topik membangun personal branding dalam dunia industri dibawakan oleh Anyndia Novinta Putri selaku Talent Acquisition at SEVIMA dan dilanjutkan tentang program Web dep SEVIMA oleh Muh Irham selaku web dep program PT SEVIMA.

Setelah dari SEVIMA, Kegiatan dilanjutkan ke Universitas Negeri Malang (UM) tepatnya di Program Studi Bimbingan dan Konseling UM Malang di Kota Malang Jawa Timur. Kegiatan diterima langsung oleh ketua Departemen Program Studi Bimbingan dan Konseling, Diniy Hidayatur di Aula Pertemuan Fakultas Ilmu Pendidikan UM Malang.

“Kegiatan kunjungan ini merupakan tugas akhir mata kuliah BK Karir dalam bentuk studi wisata ke Perguruan tinggi besar di Jawa salah satunya yang kami kungjungi adalah Universitas Negeri Malang tepatnya di Deparetemen bimbingan dan konseling agar mahasiswa mendapat Pelajaran langsung tetang iklim akademik di kampus ini, terjadi transfer pengetahua melalui workshop perencanaan karir hingga melihat langsung keadaan fasilitas kampus di UM Malng ini,” ungkap Ahmad Yusuf selaku ketua Program Studi BK STKIP Andi Matappa dalam sambutannya di pembukaan kungjungan ke Universitas Negeri Malang.

Baca Juga  Guru Besar UNM 10 tahun Menanti Akhirnya Raih Gelar Profesor

“Kunjungan ini untuk mempererat silaturahim antara kita semua baik antara dosen dan dosen, mahasiswa dan mahasiswa, dosen dan mahasiswa dan seterusnya, beberapa kita sudah berkenalan dengan teman dosen di STKIP Andi Matappa. Saya sendiri di departeman sering berkomunikasi dengan dosen-dosen di STKIP Andi Matappa termasuk terakhir terkait penerbitan artikel di jurnal ilmiah Andi Matappa,” ujarnya.

Selain ini hal yang bisa menjadi bagian Kerjasama apa saja dalam semua hal penelitian, Pendidikan dan pengadian pada Masyarakat, termasuk adek-adek mahasiswa STKIP Andi matappa bisa berkomunikasi dengan mahasiswa UM Malang saling bertukar nomor HP untuk saling memberikan manfaat berlanjut nanti, biasanya setiap tahun kami tiap tahun mengadakan lomba-lomba Bimbingan dan konseling siapatau bisa berpartisipasi di kegiatan kami mengundang mahasiswa mahasiswa Andi Matappa,” kata Diniy Hidayatur dalam sambutannya.

Kegiatan kunjungan ini memberikan motivasi mahasiswa untuk lanjut studi ke jenjang lebih tinggi karena UM Malang saat ini memiliki program S1, S2 dan S3 Bimbingan dan konseling,serta kelanjutan Kerjasama di berbagai bidang pencapaian tri darma perguruan tinggi.

Diniy Hidayatur menambahkan bagi yang ingin mau melanjutkan S2 sekalian dan bagi dosen untuk lanjut S3, sangat dinantikan kehadirannya di UM Malang.

“Hal lebih penting lain juga adalah jejaring kita, mari tanamkan kejasama ini dengan baik mulai saat ini dan selanjutnya dalam semua bidang penelitian, Pendidikan dan pengabdian pada Masyarakat atau apapun, kami sangat senang sekali lebih lanjut dengan bapak ibu dan adek-adek sekalian, mari wujudkan sebagai permulaan dari Kerjasama kita sehingga selanjutnya akan terjalin Kerjasama lebih baik,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penguatan materi workshop tentang perencanaan karir yang dibawakan oleh Widya Multisari, Dosen sekaligus Sekretaris Departemen Bimbingan dan Konseling UM Malng.

Widya selaku sekretaris departemen yang memiliki keahlian dalam Konseling Karir, menyampaikan materi dengan tema Konsep dan Strategi Perencanaan Karier.

Baca Juga  SMP Islam Athirah Bone Gelar Pekan Apresiasi di Hari Pertama Sekolah 2024

Dalam materinya menekankan pentingnya seseorang memiliki kemampuan dalam merencakan karir, karena akan dengan merencakan karir akan membantu idndividu dalam mengindentifikasi minat,  bakat, dan nilai-nilai pribadi mereka serta mampu memahami persyaratan dan peluang dalam berbagai bidang keahlian.

Berbicara tentang karir, Widya menyampaikan bahwa seseorang perlu mebedakan pekerjaan, profesi dan karir itu sendiri. Misalnya dalam pekerjaan merupakan rutinitas yang dijalani untuk mendapatkan penghasilan kemudian profesi berbicara terkaitr keahlian dan pengetahuan yang harus dimiliki setiap pekerjaan dan terkait karir menjadi perjalanan Panjang dan berjenjang dalam membentuk eksploitasi dari pekerjaan, keterampilan dan pengalaman seseorang.

Tentu dengan memiliki kemampuan perencanaan karir yang baik, maka individu dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih karir  yang saesuai dengan minat dan potensi mereka. Seseorang yang memiliki kemampuan merencanqkan karir akan terbantu dalam mengembangkan rencana Tindakan yang jelas untuk mencapai tujuan karir mereka.

Setelah kegiatan workshop dalam bentuk sarasehan materi terkait perencanaan karir, mahasiswa dan rombongan melakukan kunjungan ke ruang departemen, laboratorium BM UM Malang dan fasilitas UM Malang.

Mahasiswa BK, Ikhlazul Anas menyampaikan kesannya bahwa wisata karir ini saya mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai perkembangan Pendidikan khususnya kemajuan ilmu bimbingan dan konseling di Indonesia terutama di Universitas negeri malang dan Universitas Negeri Yogyakarta yang termasuk universitas bergensi di Indonesia, semoga kedepan STKIP Andi Matappa Kembali mengadakan studi karir kepada mahasiswa lain karena banyak pengalaman/pengetahuan yang baru didapatkan.

Selain itu, Mahmud, mahasiswa BK semester 5 ini mengharapkan suatu saat nanti bisa berkunjung Kembali dengan studi lanjut program magister ke UM Malang, semoga seluruh kegiatan mulai dari PT SEVIMA, UM Malang sampai UNY Yogtakarta memberikan manfaat dan menjadi jembatan untuk menuju ke tahap selanjutnya dalam memberikan manfaat bagi personality maupun publik.

Sebagai Upaya tindak lanjut kegiatan ini dilaksanakan penandatangan MoU dengan pihak UM Malang dan UNY Yogyakarta termasuk PT SEVIMA. Bentuk Kerjasama terkait dengan pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (*)

 

Share :

Baca Juga

Ekonomi

BCA Berbagi Ilmu Hadirkan Kuliah Umum “Resilience in the Era of Uncertainty” Bagi 600 Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Pendidikan

Monash University, Indonesia Tawarkan Kualitas Studi Magister yang Menjadi Gerbang Bagi Penerima Beasiswa LPDP

Pendidikan

Gojek dan Universitas Hasanuddin Jalin Kerjasama Strategis

Pemerintahan

Pemprov Sulsel Serahkan Dana Hibah 1 Miliar ke UMI

Pendidikan

Pensiunan NASA Jadi Guest Teacher di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga

Pendidikan

KALLA Berikan Challenging Project dan Kesempatan Mendapatkan Professional Networking Kampus Merdeka

Pendidikan

Kalla Institute Gelar Penyambutan Orientasi Mahasiswa Baru (POMB) untuk Angkatan Ke-4

Indonesiaku

Gelar Aksi Bela Palestina, Sekolah Islam Athirah Berhasil Galang Donasi Hingga Ratusan Juta