Home / Pemerintahan

Sabtu, 23 Juli 2022 14:57- WIB

Kota Makassar Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2022 Kategori Nindya

Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat menyerahkan penghargaan KLA 2022 kepada Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Jumat (22/7/2022)

Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat menyerahkan penghargaan KLA 2022 kepada Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Jumat (22/7/2022)

Makassar, Merata.Net – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendapat apresiasi dari pemerintah pusat terkait dengan upaya pemenuhan hak-hak anak.

Melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kota Makassar diganjar penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) 2022 kategori Nindya.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, kepada Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Jumat (22/7/2022) malam.

Berdasarkan data Kementerian PPPA, tercatat ada 312 kabupaten/kota yang meraih penghargaan KLA. Rinciannya, 8 daerah meraih predikat utama, 66 Nindya, 117 Madya, dan 121 Pratama.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, usai menerima penghargaan memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam pemenuhan hak-hak anak.

“Jadi, penghargaan ini kita peroleh karena komitmen pemerintah kota, swasta, dan masyarakat yang turut serta mewujudkan kota yang ramah dan layak untuk tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Fatmawati juga menambahkan bahwa kebijakan dan komitmen pemerintah kota sudah berpihak pada pemenuhan hak-hak anak.

Baca Juga  Puluhan Ribu Peserta Bakal Meriahkan Pawai Obor Pemkot Makassar di Malam Takbiran

Komitmen tersebut sejalan dengan program Jagai Anakta yang digagas bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), serta program Revolusi Pendidikan yang mengakomodasi hak anak untuk mendapatkan pendidikan.

“Ke depannya kami akan terus berupaya agar bisa memberikan pelayanan kepada anak yang jauh lebih baik dan melakukan evaluasi terhadap program yang telah dilakukan,” bebernya.

Kepala Dinas PPPA Makassar, Achi Soleman, bersyukur bisa mempertahankan status KLA, bahkan tahun ini naik peringkat dari Madya ke Nindya.

“Alhamdulillah tahun ini Makassar mendapatkan penghargaan KLA kategori Nindya,” ucap Achi.

Dia menyebutkan ada 312 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan KLA, Makassar merupakan 1 dari 66 kabupaten/kota yang meraih kategori Nindya.

“Insyaallah tahun depan kita bisa meraih predikat utama. Jadi apa yang kurang itu kita akan perbaiki dan yang sudah bagus kita tingkatkan lagi,” ujar Achi.

Baca Juga  Pemkot Bakal Gelar Salat Subuh Berjamaah di Anjungan Losari

Dia menyampaikan indikator KLA terdiri dari lima klaster. Di antaranya, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga, dan pengasuhan alternatif.

Selanjutnya klaster perlindungan khusus, kesehatan dasar dan kesejahteraan, serta klaster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

“Makassar sudah banyak melakukan hal-hal yang sekaitan dengan pemenuhan hak anak. Itu dibantu oleh stakeholder terkait,” tuturnya.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, menyampaikan penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi dalam mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Dia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, serta selamat kepada daerah yang mendapatkan penghargaan tahun ini atas segala upaya yang telah dilakukan.

“Semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi juga penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing,” ucap Bintang.

Pada kesempatan tersebut, Fatmawati juga turut didampingi Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Hamka. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Puluhan Anak di Malangke Barat Antusias Ikuti Khitanan Gratis

Pemerintahan

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Resmikan Sekretariat IKA SMAN 6 Makassar

Pemerintahan

Jaksa Agung Terima Penghargaan ‘Tokoh Inspiratif Penegakan Hukum Humanis

Pemerintahan

Pemerintah Pusat Kirim Bantuan 40 Ton Beras untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Sulsel

Pemerintahan

Makassar Tuan Rumah Seminar Agama-Agama PGI ke 38, PJ Sekda : Rawat Persatuan Umat Untuk Perdamaian

Kriminal

Ketua KPK Dorong Efek Jera Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi & Hak Politik

Indonesiaku

Pemberi Uang Gepeng dan Anjal Terancam Denda Rp1,5 Juta

Kriminal

Polisi dan Inspektorat Di Desak Periksa Serta Audit Salah Satu Kades di BUA