Home / Teknologi

Selasa, 8 Februari 2022 15:12- WIB

Internet Seluler di Makassar Terkencang di Indonesia Versi Speedtest

Ilustrasi speedtest. Foto/Erick Didu

Ilustrasi speedtest. Foto/Erick Didu

MAKASSAR, MERATA.NET- Makassar menjadi kota dengan internet mobile atau seluler tercepat di Indonesia. Dan mengungguli DKI Jakarta di posisi kedua dan Bekasi di urutan ketiga.

Laporan tersebut disampaikan Speedtest. Sebuah layanan untuk menguji kecepatan dan performa koneksi internet yang dikembangkan oleh Ookla. Baik seluler maupun Wi-FI.

Dalam laporannya, Makassar memiliki kecepatan download 25,3 Mbps dan upload di angka 11,67 Mbps. Sedangkan latensi atau waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal hingga ke tempat tujuan adalah 45 ms.

Baca Juga  Kalla Grup dan Pemkot Makassar Berkolaborasi Sukseskan Kalla Youth Fest 2021

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Mahyuddin mengaku pencapaian tersebut tidak lepas dari peran internet provider. Di mana mereka berupaya memberikan layanan internet yang berkualitas

“Jadi ini peran serta dari provider kita di Makassar yang harus meningkat jaringannya dan service atau pelayanannya,” ungkap Mahyuddin, Selasa (07/02/2022).

Apalagi, kata dia, kebutuhan pelanggan terhadap koneksi internet yang cepat juga tinggi. Dengan begitu, provider dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada mereka.

Baca Juga  Perempuan dan Tinder: Menemukan Cinta Tanpa Terburu-Buru

“Karena kita kan ini pintu Indonesia Timur. Jadi pangsa pasarnya kita di Makassar tinggi. Provider juga harus menyiapkan jaringannya yang bagus,” sambungnya.

Sedangkan untuk internet kabel atau fixed broadband tercepat, Makassar berada di urutan ke 10. Sedangkan Jakarta di posisi pertama.

Makassar memiliki kecepatan download 24,63 Mbps dan upload di angka 11,91 Mbps. Sedangkan latensi atau waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal hingga ke tempat tujuan adalah 19 ms. (Gun)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wali Kota Danny Gunakan Maggot, Teknologi Black Soldier Fly Kelola Sampah Organik

Bisnis

Sambut World Data Privacy Day – VIDA Tegaskan Pentingnya Tingkatkan Digital Trust di Kalangan Gen-Z

Ekonomi

Disdag Makassar Dorong Perumda Kembangkan Digitalisasi Pasar

Hiburan

Inilah Sederet Pemenang Nimo TV Global Gala 2023

Teknologi

NGL Link Lagi Tren di IG, Amankah?

Bisnis

Digitalisasi Pelaporan Pajak di Indonesia dengan Solusi Tanda Tangan Digital dari VIDA

Pemerintahan

Rakorsus 2022, Tiga Tugas Penting OPD Menuju Makassar Metaverse

Teknologi

Sudah Lakukan Uji Coba,
5G XL Axiata Siap Dukung Kesuksesan MotoGP Mandalika 2022