Home / Pemerintahan

Selasa, 25 Januari 2022 15:40- WIB

Ini Langkah Dinkes Cegah Omicron Meluas di Sulsel

MAKASSAR, MERATA.NET- Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus melakukan antisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron di Sulsel.

Langkah itu dilakukan setelah satu warga asal Takalar terdeksi terpapar Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan sequencing (WGS) dari PHEOC dan Litbangkes Jakarta pada 20 Januari 2022.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Bachtiar Baso mengungkapkan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah Omicron meluas di Sulsel adalah dengan mempercepat vaksinasi.

“Antisipasi yang pertama mempercepat vaksinasi, jadi vaksansi ini sebenarnya kita sudah 70 persen hingga 75 persen tapi kita mengejar target vaksin 100 persen karena target kita 9 juta orang lebih,” kata Bachtiar Baso kepada awak media di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Jl Perintis Kemerdekaan Makassar, Selasa (25/1/2022)

Baca Juga  Peringati Hari Gizi Nasional, Dinkes Sulsel Terus Tekan Angka Stunting Anak

Kemudian, melaksanakan vaksinasi booster yang dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

“Misalnya, vaksin dosis satu dan dua itu vaksin Sinovac terus dosis ketiga kita kasi vaksin Pfizer dan lainnya, jadi bisa vaksin tahap 1, 2 dan 3 vaksin Sinovac bisa juga vaksin tahap 1, 2 Sinovac yang ketiga vaksin Moderna jadi bisa 3 vaksin yang sama dan bisa juga 2 sama 1 berbeda itu boleh,” ungkapnya.

Baca Juga  755 Kuota Nakes dari 3.745 Disetujui KemenpanRB, Gubernur Sulsel: Alhamdulillah

Langkah berikutnya, kata Bachtiar Baso, pihaknya terus mempercepat vaksinasi pada anak-anak usia 6-12 tahun hal itu juga dilakukan untuk menangkal penyebaran Covid-19 varian baru.

Tak hanya itu, dia juga menyebut Dinkes Sulsel pun akan memperketat pengawasan berbagai pintu masuk bandara dan pelabuhan demi mewaspadai kemungkinan naiknya kasus baru Covid-19 varian Omicron

“Kemudian pintu masuk-pintu keluar diperketat, bandara, pelabuhan terutama yang datang dari luar Sulsel, lebih-lebih dari luar negeri harus sangat diperketat,” pungkasnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Kunjungi Uji Teknologi Food Waste, Danny : Segera Diterapkan

Pemerintahan

Menpora Tinjau Venue Asean Para Games di Solo, Atlet Mengaku Puas

Pemerintahan

Anniversary Pernikahan ke 29, Walikota Makassar Ungkap Rasa Syukurnya Didampingi Indira Yusuf Ismail

Pemerintahan

Cek Kondisi Terkini, Wawali Makassar Kunjungi Korban Kebakaran Rappokalling

Indonesiaku

Sampel RS Tunjukkan Vaksinasi Dosis Lengkap Mengurangi Risiko Terburuk COVID-19 Hingga Kematian

Pemerintahan

Kepala Bapenda Makassar Firman Pagarra Jadi Narasumber Pelatihan Pajak di Tokyo

Pemerintahan

Wali Kota Danny Harap Pejabat Baru di Kelurahan Tunjukkan Dedikasi Bekerja

Indonesiaku

Ditlantas Polda Sulsel Tertibkan Kendaraan Pengguna Plat Putih Tulisan Hitam