Home / Pemerintahan

Selasa, 25 Januari 2022 15:40- WIB

Ini Langkah Dinkes Cegah Omicron Meluas di Sulsel

MAKASSAR, MERATA.NET- Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus melakukan antisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron di Sulsel.

Langkah itu dilakukan setelah satu warga asal Takalar terdeksi terpapar Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan sequencing (WGS) dari PHEOC dan Litbangkes Jakarta pada 20 Januari 2022.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Bachtiar Baso mengungkapkan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah Omicron meluas di Sulsel adalah dengan mempercepat vaksinasi.

“Antisipasi yang pertama mempercepat vaksinasi, jadi vaksansi ini sebenarnya kita sudah 70 persen hingga 75 persen tapi kita mengejar target vaksin 100 persen karena target kita 9 juta orang lebih,” kata Bachtiar Baso kepada awak media di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Jl Perintis Kemerdekaan Makassar, Selasa (25/1/2022)

Baca Juga  Kasus Pertama Varian Omicron Terdeteksi di Wisma Atlet

Kemudian, melaksanakan vaksinasi booster yang dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

“Misalnya, vaksin dosis satu dan dua itu vaksin Sinovac terus dosis ketiga kita kasi vaksin Pfizer dan lainnya, jadi bisa vaksin tahap 1, 2 dan 3 vaksin Sinovac bisa juga vaksin tahap 1, 2 Sinovac yang ketiga vaksin Moderna jadi bisa 3 vaksin yang sama dan bisa juga 2 sama 1 berbeda itu boleh,” ungkapnya.

Baca Juga  Penyebaran Varian Omicron Meningkat, Kini 572 Kasus di Indonesia

Langkah berikutnya, kata Bachtiar Baso, pihaknya terus mempercepat vaksinasi pada anak-anak usia 6-12 tahun hal itu juga dilakukan untuk menangkal penyebaran Covid-19 varian baru.

Tak hanya itu, dia juga menyebut Dinkes Sulsel pun akan memperketat pengawasan berbagai pintu masuk bandara dan pelabuhan demi mewaspadai kemungkinan naiknya kasus baru Covid-19 varian Omicron

“Kemudian pintu masuk-pintu keluar diperketat, bandara, pelabuhan terutama yang datang dari luar Sulsel, lebih-lebih dari luar negeri harus sangat diperketat,” pungkasnya. (Dar)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wisuda 275 Sarjana, Danny Ajak Alumni STIBA Sukseskan Program Perkuatan Keimanan Umat

Pemerintahan

Ribut-ribut Soal Pembiayaan Sulsel Anti Mager, Ini Penjelasan Pemprov Sulsel

Pemerintahan

31 Tempat Tidur Terisi Pasien Covid-19 yang Isolasi di FIT Asrama Haji

Kriminal

Jaksa Tegaskan Penetapan Tersangka Johny G Plate Murni Penegakan Hukum

Indonesiaku

Dewan Harap UMK Makassar Bisa Naik Rp50 ribu di Atas UMP Sulsel

Pemerintahan

Upacara Pertama sebagai Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Dorong Percepatan Transformasi Digital

Pemerintahan

Disdik Makassar Bakal Evaluasi Guru, Muhyiddin: Banyak Kekacauan

Pemerintahan

Tingkatkan Fungsi dan Kinerja Posyandu, Dinkes Kota Makassar gelar pertemuan pokjanal.