Home / Pemerintahan

Minggu, 5 Mei 2024 07:54- WIB

Distribusi Bantuan Terkendala Cuaca Buruk, 3.000 Warga di Kecamatan Latimojong Masih Terisolasi

LUWU, Merata.Net – Pemerintah Provinsi Sulsel telah berupaya menyalurkan bantuan ke Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, kemarin, Sabtu, 4 Mei 2024, menggunakan helikopter. Sayangnya, upaya ini gagal karena terkendala cuaca buruk.

Untuk diketahui, terdapat 3.000 warga di 12 desa yang ada di kecamatan tersebut. Akibat banjir dan tanah longsor, tiga jembatan yang menjadi akses ke daerah tersebut terputus.

“Helikopter tidak bisa tembus karena cuaca buruk. Kami sudah coba hingga tiga kali tapi gagal,” ungkap Pj Gubernur Bahtiar, Minggu, 5 Mei 2024.

Pemerintah Provinsi Sulsel, kata Bahtiar, dibantu Polda Sulsel dan jajaran TNI, berupaya melakukan percepatan untuk perbaikan jembatan. Namun, memerlukan alat-alat berat ukuran kecil, mobilisasi bahan bakar alat berat, dan mobilisasi pekerja jalan jembatan.

Baca Juga  Akhir Tahun, DPRD Kota Makassar Sahkan 4 Ranperda Sekaligus

“Untuk ini, butuh waktu seminggu. Sehingga hasil evaluasi, jika menunggu jembatan bisa dilalui, maka warga disana terisolasi hingga satu Minggu ke depan,” ungkapnya.

Bahtiar mengungkapkan, dibutuhkan bantuan berupa beras dan ikan kaleng untuk 3.000 warga di 12 desa Kecamatan Latimojong. Tim yang membawa bantuan beras dan lainnya berupaya menembus menggunakan sepeda motor, dan bantuan disalurkan memakai tapi penyeberangan logistik yang dibentangkan di atas sungai.

Baca Juga  Diskominfo Gelar Forum OPD se-Sulsel

“Kita akan coba lagi hari ini mengirim bantuan menggunakan helikopter,” kata Bahtiar.

Sementara, salah seorang warga Luwu, Amri, berharap, BNPB segera mengirimkan bantuan helikopter agar bantuan pangan bisa dikirim ke Kecamatan Latimojong. Mengingat sulitnya membawa bantuan menuju daerah yang terletak di kaki gunung tersebut.

“Disana ada 12 desa, 3.000 warga. Kami harap BNPB segera kirim bantuan helikopter. Karena tidak ada jaminan, akses jalan kesana bisa dibuka untuk satu Minggu ke depan. Semoga pemerintah pusat, BNPB bergerak cepat kirim bantuan,” harap Amri. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Sampaikan Realisasi APBD 2023, Firman Pagarra Imbau OPD Pacu Kinerja dan Bekerja Optimal

Internasional

KTT ASEAN ke-42 Resmi di Buka Presiden Jokowi di Labuan Bajo

Pemerintahan

Ingin Penuhi Target, Lurah Ricky Dorong Percepatan Vaksinasi di Sudiang

Pemerintahan

Menko Ekon Airlangga: Harga Pangan Saat Ini Sudah Relatif Stabil

Pemerintahan

Pemkot MoU dengan Garuda Indonesia, Danny: Wisatawan ke Makassar Dapat Fasilitas Metaverse

Pemerintahan

PJ Sekda Makassar Minta 36 Peserta Lelang Jabatan Fokus Paparkan Inovasinya

Pemerintahan

Digelar Bappeda Makassar, Rakorsus Pemkot Hadirkan Bus Listrik Co’mo

Pemerintahan

Pasok Kebutuhan Beras di Luar Sulsel 120 Ribu Ton, Gubernur Sulsel: Kita Konsisten Sebagai Pemasok Terbesar Nasional